Home HL BNPB Provinsi Sumsel Dan Korem 044/Gapo Gelar Gladi Posko Penanganan Karhutbunla

BNPB Provinsi Sumsel Dan Korem 044/Gapo Gelar Gladi Posko Penanganan Karhutbunla

59
0

Laporan Abiyasa/ Penrem 044/Gapo

PALEMBANG, Jodanews.com -Bertempat di Ruang Yudha Markas Korem 044/Gapo Jalan Jenderal Sudirman KM 4,5 Palembang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Gladi Pos Komando (Posko) penanganan darurat bencana asap akibat Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Asian Games XVIII di Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (7/8/2018).

Gladi Posko penanganan darurat bencana asap akibat Karhutbunla ini diselenggarakan dari pagi hingga sore selama tiga hari dengan melibatkan lebih dari 25 orang yang merupakan perwakilan dari unsur pengarah BNPB, BPBD (Prov. Sumsel, Kabupaten OKI,  OI, Banyuasin, Kodim 0402/OKI, Kodim 0430/Banyuasin, Polres, Balai PPIKH, GAPKI, APHI, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel.

Kasubdit Perencanaan Siaga BNPB Provinsi Sumsel, Dra. Eny Supartini, M.M. menjelaskan, “Gladi Posko dan TableTop Exercise (TTX) ini merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk melatih para personel/aparat pemerintah yang memiliki fungsi Komando dalam merencanakan operasi, menerapkan taktik dan teknik operasi serta menerapkan prosedur dan tata cara kerja yang berlaku di suatu Pos Komando penanganan tanggap darurat bencana,” terang Eny Supartini.

Lebih lanjut, Eny Supartini menjelaskan, bahwa tujuan dan sasaran dari diadakannya Gladi Posko penanganan darurat bencana asap akibat Karhutbunla dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Asian Games XVIII di Provinsi Sumatera Selatan ini adalah antara lain untuk meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan terkait, baik pemerintah maupun non pemerintah, yang ada di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah Sumatera Selatan akan adanya ancaman bencana asap akibat Karhutbunla yang nyata, serta membangun komitmen bersama untuk mewujudkan rencana mitigasi yang dapat mengurangi risiko dari ancaman tersebut, dengan sasaran untuk meningkatkan kesiapsiagaan di wilayah Sumatera Selatan dengan memperkuat koordinasi dan kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam menghadapi ancaman bencana asap akibat Karhutbunla sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Penerangan Korem 044/Gapo Mayor Inf Aris Barunawan menyampaikan, bahwa Gladi Posko penanganan darurat bencana asap akibat Karhutbunla dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Asian Games XVIII di Provinsi Sumatera Selatan ini digelar di Markas Korem 044/Gapo karena hubungan yang baik, dan untuk memaksimalkan penyelenggaraan Gladi, serta selaku Komandan Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel adalah Komandan Korem 044/Gapo. “Hal ini dilakukan karena kerjasama antara Korem 044/Gapo dengan BNPB sudah baik, dan dalam pelaksanaan Gladi koordinasi antar unsur terkait dengan unsur TNI dalam penanggulangan bencana dapat berjalan tanpa ada kecanggungan sehingga berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya. (Editor Jonheri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here