Home HL Widodo : Hadirnya FKUU Berkontribusi Dalam Meningkatkan Karakter Siswa

Widodo : Hadirnya FKUU Berkontribusi Dalam Meningkatkan Karakter Siswa

50
0

Laporan Hasan Basri

PALEMBANG, Jodanews.com – Berbagai upaya dan telah menjadi suatu komitmen Dinas Pendidikan Sumsel untuk meningkatkan kualitas mutu lulusan SMA/SMK di Sumsel, salah satunya adalah hadirnya Forum Komunikasi Ulama- Umaro (FKUU) Sumsel. Pelantikan forum komunikasi ulama dan umaro (FKUU) khusus pendidikan ini telah berlangsung di aula SMAN 1 Palembang. Dihadiri kepala sekolah di 17 kabupaten kota di Sumsel, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo dan beberapa penceramah yang sengaja diundang untuk mengisi acara

“hadirnya FKUU Sumsel, secara tidak langsung akan memberikan kontribusi dalam meningkatkan karakter siswa melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah,”ungkap Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs H Widodo MPd, disela-sela menghadiri pelantikan FKUU Sumsel Bidang Pendidikan di Aula SMA Negeri 1 Palembang, Jumat (15/3).

Menurutnya, Mendidik karakter anak terutama di bidang agama sangatlah penting. Oleh karena itu Kita berharap dengan masuknya ulama dan umaro di dunia pendidikan, akan membawa peningkatan karakter,”terang Widodo.

Lanjut dia, bahwa era globalisasi saat ini penting bagi siswa menanamkan nilai-bilai karakter sebagaimana program pemerintah dalam revolusi mental. Sehingga siswa benar-benar siap menghadapi tantangan zaman dengan karakter yang unggul. “Karena anak-anak mendapat asupan moral dalam menghadapi kemajuan IPTEK dan era globalisasi sekarang,”terangnya.

Sementara itu, Ketua FKUU Sumsel KH Amiruddin Nahrawi menyampaikan bahwa pihaknya siap berkontribusi dalam memberikan sosialisasi ke sekolah perihal pembinaan karakter. “Nah nanti bentuknya berupa program ke kepala sekolah sampai ke kabupaten/kota tentang bagaimana pendidikan karakter dan lainnya,”urainya.

Amiruddin mengaku bahwa sosialisasi yang dilakukan tentu akan selaras dengan program pemerintah provinsi Sumsel. “Misalnya saat ini Gubernur tengah meluncurkan program sekolah tahfiz, nah itu kita akan juga sampaikan,”ujarnya.

Ditambahkan oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel, Akhmad Najib yang mewakili gubernur sumsel, Herman Deru melantik 17 pengurus FKUU khusus pendidikan jika peran guru-guru atau kepala sekolah yang dilantik jadi pengurus ini sangat penting sekali.

“Generasi muda dan pelajar adalah bagian dari anggota masyarakat yang akan menjadi pemimpin dimasa depan, serta pelaku pembangunan pada masa yang akan datang. Peranan guru dalam menciptakan generasi terbaik sangat berpengaruh, karena lembaga sekolah dan guru berfungsi mengarahkan, membimbing dan membina potensi dasar yang ada pada manusia.

Menurutnya, lompetensi kepribadian yang melekat pada figur seorang guru diantaranya berkepribadian islam, berakhlak mulia dan berjiwa pemimpin serta menjadi teladan bagi anak didiknya. Perilaku guru akan menjadi tauladan bagi siswa atau pelajarnya.” Pendidikan kan merupakan sentral, selain itu dengan adanga FKUU ini kan bisa meningkar ukhuwah islamiah,” pungkasnya.(Editor Jon Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here