Home HL Waspada, Jalan di Pagaralam Banyak Tertimbun Longsor

Waspada, Jalan di Pagaralam Banyak Tertimbun Longsor

61
0

Laporan : Taufik Hidayat

PAGARALAM, jodanews – Puluhan titik  jalan poros Pagaralam- Lahat, tertimbun  longsor akibat curah hujan  tinggi satu bulan terakhir. Jalan yang tertimbun longsor itu meliputi, kawasan Lematang, Jembatan Air Lempaung, Dusun Perahudipo, Kecamatan Dempo Selatan, dan lima titik di Dusun Pelangkenidai,  Kecamatan Dempo Tengah, ditambah beberapa titik di Indikat Dempo Selatan serta sepanjang jalur menuju kota Lahat.

Kemudian longsor cukup besar berada di atas jembatan Lempaung Prahudipo, sedangkan yang lainnya relatif kecil hanya berupa reruntuhan batu gunung.

“Saat musim hujan memang  beberapa daerah rawan  longsor, apalagi arus lalulintas cukup ramai saat musim liburan seperti ini dipastikan para pengendara  harus lebih waspada lagi. Di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Pagaralam-Lahat  melintasi Kecamatan Pulau Pinang, Tanjung Tebat dan Pagar Gunung, terdapat banyak lubang dan kondisi jalanan yang mengenang, serta beberapa titik rawan longsor,” kata Kapolsek Dempo Selatan, AKP Herry W, kepada koran JI beberapa waktu lalu.

Hery mengatakan, llibur akhir tahun dan libur  sekolah, terjadi peningkatan arus kendaraan terutama mobil dan motor lewat dari luar Sumsel.

“Arus lalulintas  yang lewat dalam 10 menit sudah mencapai puluhan  ditambah lagi  angkutan truk pengangkut batu dan matrial  yang melintas juga cukup banyak,” ujar dia.

Ditambahkannya,  lubang-lubang disisi jalan cukup berbahaya bagi pengendara yang melintas baik dari arah Pagaralam maupun Lahat.
“Kita minta pengendara baik mobil dan motor agar berhati-hati terutama hindari melintas malam hari serta kondisi hujan lebat, karenA sebagian badan jalan ada yang amblas,” kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, H Haryadi Razak ST MM mengatakan, memang jalan yang cukup banyak terjadi longsor merupakan jalan negera, jadi tanggungjawab Balai Besar Kementerian PU.

“Kami sudah laporkan kerusakan jalan akibat longsor memasuki musim hujan, bahkan ada puluhan titik kondisi jalan negera rusak mulai dari. Simpang Mana hingga Indikat Kecamatan Dempo Selatan,” katanya. (Editor : Elan)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here