Home KODAM Wagub Jateng Serahkan Bantuan Keuangan Rp50 Juta ke Pemdes Pasegeran

Wagub Jateng Serahkan Bantuan Keuangan Rp50 Juta ke Pemdes Pasegeran

43
0

Laporan Abiyasa / Pendim 0704/Bna

BANJARNEGARA, Jodanews.com  – Dalam upacara pembukaan TMMD Reguler 102 Banjarnegara, diwarnai banjir bantuan. Dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi secara simbolis menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp50 juta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Pasegeran untuk ketahanan masyarakat, Selasa (10/7).

Bantuan dari Pemprov Jateng tersebut diserahkan simbolis kepada Kades Pasegeran, Aris Winarno, S.Sos yang disaksikan oleh seluruh hadirin. Heru mengaku bangga dengan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 102 tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Banjarnegara, terlebih sasarannya adalah desa tertinggal dan tergolong terpelosok dengan jarak tempuh dari pusat pemerintahan kurang lebih 2 jam perjalanan. .

Heru juga menyatakan bahwa TMMD adalah pekerjaan berat, namun jika dilaksanakan secara terintegrasi dan gotong royong, pekerjaan ini tentunya menjadi ringan dengan tidak mengesampingkan mutu dari hasil TMMD itu sendiri. Lewat TMMD, TNI, Pemkab melalui jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Polri, pemuda hingga organisasi kemasyarakatan serta warga sasarannya itu sendiri, harus berperan aktif bersinergi dalam membangun Pasegeran.

Ajang TMMD juga bisa dijadikan menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap NKRI maupun ideologi Pancasila. Menurutnya juga, gotong royong menjadi ruh utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila. Dengan TMMD, masyarakat secara bersama-sama memperbaiki desanya tidak hanya berupa fisik juga ada pembinaan mental spiritual lewat sarasehan, penyuluhan, sosialisasi maupun kegiatan sosial lainnya.

Wagub juga berkesempatan menyerahkan bantuan lainnya berupa ratusan bibit pohon kepada Warga Masyarakat Pasegeran, yang juga diserahkan juga simbolis kepada Kades setempat.

Heru yang didampingi rombongan selanjutnya meninjau RTLH salah satu warga yang bernama Mbah Tinem (80) Dusun Kroya Rt. 02 Rw. 03 Desa Pasegeran dan berkesempatan meletakkan batu pertama rehab rumah tersebut. Kunjungan diakhiri dengan tatap muka dan ramah tamah dengan warga setempat. (Editor Jon Heri)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here