Home HL Upaya Tim Karhutla Kecamatan Lais Mencegah dan Pengendalian Karhutlah Terus Ditingkatkan

Upaya Tim Karhutla Kecamatan Lais Mencegah dan Pengendalian Karhutlah Terus Ditingkatkan

56
0
Laporan Cindra 
MUBA,jodanews.com-  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terus terjadi di wilayah Sumatera Selatan khususnya dalam wilayah kabupaten Musi Banyuasin (Muba) membuat Pemkab Muba terus berupaya untuk mencegah dan memadamkan lokasi Karhutlah, termasuk kekhawatiran akan terjadinya kabut asap yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.
Menindaklanjuti intruksi Bupati Musi Banyuasin H. Dodi Reza Alex kepada OPD terkait untuk meningkatkan serta memaksimalkan upaya pencegahan kebakaran maupun pengendaliannya.
Tim Karhutlah dari kecamatan Lais mengadakan rapat bersama TNI, Polri, camat Lais, para kepala desa, PTPN 7 Unit Betung, Medco dan perwakilan pihak perusahaan yang beroperasi di dalam wilayah kecamatan Lais. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan penanganan karhutla di wilayah kec lais kabupaten Musi Banyuasin.
Dalam sambutanya, camat Lais Drs Deni Sukmana MSi mengatakan agar semua pihak ikut terlibat dalam upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah kecamatan Lais.
“Kepala desa, perusahaan dan masyarakat harus kita libatkan dalam penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini,” ujar Deni.
Dirinya juga menjelaskan karhutlah perlu diantisipasi sedini mungkin untuk pencegahan atau penanggulangannya, hal ini perlu kerjasama semua pihak, khususnya warga setempat.
“Besok (hari ini-red) kita akan melakukan shalat Istisgho. Selain berupaya untuk mengantisipasi dan melakukan pemadaman titik api, kita juga mohon doa kepada Allah semoga segera diturunkan hujan,” imbuhnya.
Senada, Kapolsek Lais AKP Syafaruddin SH​ dalam kesempatan itu mengatakan, dalam pelaksanaan ini hendaknya adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak, “”Koordinasi semua kades, perusahaan yang ada agar membantu peralatan pemadaman api seperti mesin dan selang, karena lahan tersebut tanah gambut sehingga perlu pendinginan lokasi,” jelasnya.
Sementara menurut kepala desa Danau Cala Nazaruddin mengatakan pihaknya mendukung antisipasi karhutlah, mereka ikut andil bekerja sama dengan TNI, Polri dalam pemadaman kebakaran terutama yang ada di desa Danau Cala yang berbatasan dengan desa Tempirai kabupaten Pali.
“Spedboad, ketek, mesin pompa air, temasuk tenaga pemadam dari linmas dan perangkat desa, semua sudah kita kerahkan,” jelasnya.(editor Jon Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here