Home HL Tunggakan Pelanggan PDAM Capai Rp 12 Miliar

Tunggakan Pelanggan PDAM Capai Rp 12 Miliar

61
0

Laporan : marsal

MUARA ENIM, jodanews – Tunggakan pelanggan PDAM Lematang Enim  hingga Desember 2015 mencapai Rp 12 miliar. Berdasarkan informasi ada  pelanggan yang sudah 5 tahun atau 60 bulan tidak membayar tagihan rekening PDAM.

Bukan hanya itu, tunggakan ini bukan hanya dari masyarakat atau pelanggan pribadi saja. Namun, ada rumah dinas, beberapa kantor pemerintahan yang jumlahnya mencapai Rp 500 juta. Mirisnya lagi ada asrama polisi yang menunggak hingga ratusan juta rupiah.

Direktur Utama PDAM Lematang Enim Puryadi ST melalui Kabag Hubungam Langganan PDAM Lematang Enim Sartono SH membenarkan adanya tunggakan hingga miliaran rupiah.  Ia mengucapkan maaf pada pelanggan yang masih memiliki tunggakan rekening PDAM. Sebab, pihaknya akan melakukan penagihan, penertiban dan juga pemutusan bagi pelanggan yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran rekening PDAM ini.

“Kita minta izin, kita juga tidak tebang pilih dalam penangihan tunggakan pelanggan PDAM. Sebab, kita menjalankan tugas, agar PDAM dapat berjalan dengan baik,” kata Sartono.

Dikatakan dia, PDAM memiliki tiga cabang, diantaranya PDAM Lematang Enim Cabang Muara Enim. Lalu, PDAM Lematang Enim Tanjung Enim dan PDAM Lematang Enim Pendopo Talang Ubi Kabupaten PALI. Dari, ketiga cabang ini pihaknya sudah melakukan penagihan secara langsung ke pelanggan dilapangan atau jemput bola. Hasilnya, untuk di cabang Muara Enim jumlah tagihan yang tertagih juga terealisasi. Namun, ada juga pelanggan yang diputus karena sudah menunggak 2 hingga 3 tahun lebih.

Terkait itu, kata dia, jumlah tagihan yang berhasil di realisasikan atau tertagih sebanyak Rp 1 miliar. Dan, pelanggan yang diputus pun cukup banyak yang mencapai 200 pelanggan. Dari 200 pelanggan yang diputus itu pun, nilai tagihannya sudah hampir mencapai Rp 1 Milyar. Semua tagihan yang berhasil ditagih ini pun untuk cabang Muara Enim. Sedangkan, untuk cabang PDAM Tanjung Enim dan PDAM Teluk Lubuk Pendopo Kabupaten PALI akan dilakukan penagihan juga, tetapi, secara bergiliran.

Ditambahkannya, pihaknya menargetkan tunggakan PDAM Lematang Enim sebesar Rp 13 Milyar dapat tuntas. Meski pun, penagihan dan juga pemutusan dan penertiban di lakukan. Jumlah tunggakan PDAM Lematang Enim semuanya terselesaikan. Untuk itu, pada pelanggan yang belum menyelesaikan tunggakan tagihan rekening PDAMnya dapat diselesaikan. (Editor : Asep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here