Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa , Camat Lais Gelar Pembinaan dan Pembekalan

Laporan Cin

Muba,jodanews.com – Perintahkan Kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar pembinaan dan pembekalan khusus untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam melaksanakan tugasnya.

Pelatihan dipusatkan di Aula kantor Camat Lais, (30/11/2020) dan diikuti oleh perangkat desa yang baru menjabat di 7 desa dalam Kecamatan Lais.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PMD Muba H Richard Cahyadi AP MSi melalui Sekretaris Dinas PMD Muba Drs Deni Sukmana Msi mengatakan, maksud dan tujuan pembekalan perangkat desa untuk memberikan pembinaan mental dan disiplin serta meningkatkan SDM perangkat desa.

Deni mengaku, Pembinaan dan Pembekalan Perangkat Desa ini adalah baru pertama Kali dilakukan di Kabupaten Musi Banyuasin, oleh karena itu diharapkan peserta dapat memanfaatkan pembekalan yang diberikan nara sumber semaksimal mungkin sehingga memahami tugas dan poksi masing-masing.

“Alhamdulillah secara mandiri dilaksanakan oleh pihak kecamatan Lais, dan ini baru pertama kali diadakan di Muba tahun 2020. Oleh karena itu, saya berharap peserta dapat memahami tugas pokok dan tupoksi masing-masing sehingga tidak melangkahi kewenangan yang ada,” Jelasnya.

Lebih lanjut Deni menjelaskan, tunjangan perangkat desa berdasarkan NIK, tertera didalam sistem sehingga perangkat tidak bisa melakukan rangkap jabatan. Kedepan, Deni berharap, pembekalan ini bukan hanya dilaksanakan secara mandiri, dapat di anggarkan untuk pembekalan secara keseluruhan. “Hal ini untuk meningkatkan SDM perangkat desa dalam menjalankan roda pemerintahan didesa,” Imbuhnya.

Sementara, Camat Lais Demoon Hardianti Eka Suza SSTP MSi menjelaskan, saat pertama kali mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) kepala desa se-kecamatan Lais, banyak keluhan, karena perangkat yang terpilih masih belum memahami tupoksi masing-masing.

Oleh karena itu, dirinya berinisiatif menggelar Pembinaan dan Pembekalan bagi Perangkat Desa guna meningkatkan SDM yang ada, sehingga perangkat yang ada di desa masing-masing dapat bertanggung jawab sesuai tugas pokok masing-masing.

Masih menurut Demoon, perangkat desa dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai tupoksi, mengedepankan profesionalisme berlandasan aturan dan hukum yang berlaku. ” Sebab tugas dan tanggung jawab sebagai abdi masyarakat tidaklah ringan, terlebih jabatan adalah amanah yang perlu dijaga dan dijungjung tinggi, ” Pungkas Demoon saat dikonfirmasi beberapa wartawan.(Editor Jon Heri)

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *