Home EMPAT LAWANG Tambang Galian C Rusak Lokasi Wisata Sungai Muare

Tambang Galian C Rusak Lokasi Wisata Sungai Muare

68
0

Laporan : Agus Subhan Baken

EMPAT LAWANG,jodanews-Mungkin bagi masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi, lokasi wisata di Sungai Muare berada di Desa Rantau Tenang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang sudah tidak asing.
Lokasi ini dulunya sebagai lokasi wisata kerap dikunjungi keluarga untuk menikmati keindahan dan kesejukan lokasi Sungai Muare yang mengalir di Desa Rantau Tenang Kecamatan Tebing Tinggi.
Tidak jarang warga Tebing Tinggi yang pulang dari merantau akan menyempatkan waktu untuk mandi dan berkumpul bersama keluarganya dilokasi ini.
Informasi dihimpun, lokasi ini sekarang mulai rusak karena dijadikan sebagai lokasi untuk mengumpulkan material batu kali untuk dijual. Mereka tidak ada pilihan lantaran harga karet yang saat ini cukup murah di pasaran menuntut warga untuk mencari tambahan lain.
“Tahu sendiri dulunya lokasi Muare ini, cukup banyak didatangi warga di kecamatan Tebing Tinggi ini, karena lokasinya sejuk dan selain itu sungainya yang bening, namun sekarang karena warga setempat banyak yang menambang keindahannya pun mulai menghilang” ungkap Heri salah seorang warga Desa Rantau Tenang Kecamatan Tebing Tinggi.
Heri mengatakan, kerusakan ini diawali dengan berdirinya perusahaan galian C yang beroperasi di sekitar lokasi. Saat ini perusahaan galian C ini tutup, dan warga mulai mengambil alih dengan cara mencari material secara tradisional warga mengumpulkan batu kali di sungai kawasan Muare ke atas ban lalu dikumpulkan ke lokasi ini.
“Sekarang kawasan ini rusak tidak sebagus dulu, warga datang ke sinipun sudah kurang, kecuali warga yang hendak cuci dan mandi,” ungkapnya.
Sementara itu menurut Wijaya salah seorang warga Tebing Tinggi, di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini banyak objek wisata, namun tinggal bagaimana masyarakat dan pihak Pemerintah menggali dan menjaga objek wisata tersebut.
“Pemerintah kita ini kurang tanggap untuk menggali dan menjaga objek wisata, tidak ada yang dibanggakan objek wisata diEmpat Lawang, karena objek yang ada saja banyak terbengkalai. Semata-mata hanya mencari proyek, contohnya saja objek wisata batu betiang,” tandasnya.(editor Jon Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here