Sholat Gerhana ( kusuf dan khusuf)

Oleh : H.Albar Sentosa Subari, SH. SU (Ketua pembina Adat Sumsel / Dosen STIH Serasan Muaraenim)
: Marsal, ( Penghulu Kecamatan Muaraenim / Pemerhati Hukum Adat )

Marsal, ( Penghulu Kecamatan Muaraenim / Pemerhati Hukum Adat)

Hari ini tanggal 21 Juni 2020 pukul 14.30 – 15.30 insyaallah akan terjadi gerhana matahari (gerhana cincin). Untuk itu kaum muslimin disunnahkan melaksanakan sholat sunnat gerhana.
Sholat gerhana berfungsi untuk menghayati kekuasaan dan keagungan Allah serta mengikis syirik dari masyarakat jahiliah. Hukum sholat gerhana adalah sunnah mu’akkad, baik untuk laki laki maupun perempuan. Sholat kusuf adalah shalat gerhana bulan, sedangkan solat khusuf adalah sholat ketika terjadi gerhana matahari.
Abu Bakar berkata Kami berada disisi Rasulullah lalu terjadi gerhana matahari, maka nabi berdiri dengan mengenakan selendang beliau (dalam satu riwayat: pakaian beliau sambil tergesa gesa) hingga beliau masuk ke dalam masjid, dan orang orangpun kesana), lalu kami masuk.
Kemudian beliau sholat dua rekaat bersama kami hingga matahari terlihat jelas.
Beliau bersabda Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua dari tanda tanda kekuasaan Allah, dan sesungguhnya keduanya bukan gerhana kerena meninggalnya seseorang. Akan tetapi, Allah taala tidak menakut nakuti hamba hamba Nya dengan nya. Oleh karena itu, apabila kamu melihat nya, maka sholatlah dan berdoa sehingga terbuka apa gerhana terjadi padamu ( Hal ini karena putra Nabi saw yang bernama Ibrahim meninggal dunia, kemudian terjadi gerhana. Lalu orang orang berkomentar bahwa gerhana itu terjadi karena kematian Ibrahim itu. Hal ini lantas disanggah Rasulullah dengan sabda beliau tersebut).
Solat ini lebih utama dikerjakan berjemaah. Walaupun bukan syarat utama sahnya sholat tersebut.
Sholat gerhana dilakukan 2 rekaat dan setiap rekaat boleh dengan 1 kali rukuk, seperti sholat yang lain, boleh juga dengan 2 x rukuk, atau 3 x rukuk, 4 x atau 5 x rukuk. Sedangkan sujudnya seperti biasa, yaitu 2 x sujud pada setiap rekaat.
Membaca Surat Al fatihah wajib pada kedua rekaat sholat khusuf itu. Sementara membaca surat setelah nya adalah bebas. Boleh dikeraskan atau pelan suara membaca surat Al Fatihah dan surat al Quran.
Waktunya adalah mulai gerhana Hingga pulih kembali.
Niatnya saya sholat sunnah khusuf/kusuf dua rekaat karena Allah taala.***

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *