Home HL Sekda Tinjau Hot Spot di Bayung Lencir

Sekda Tinjau Hot Spot di Bayung Lencir

69
0
Sekretaris Daerah Drs Sohan Majid MM bersama rombongan sedang meninjau langsung lokasi kebakaran lahan di kecamatan Bayung Lencir,Minggu (2/8/2015).

MUBA, JI  – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Drs H Sohan Majid MM, beserta rombongan meninjau hotspot ( titik api) di Desa Sungai Medak, Kecamatan Bayung Lencir yang berbatasan dengan Desa Lalan I Kecamatan Lalan, Minggu (2/8).

Sebelum menuju lokasi titik api, Sekda Muba memimpin Apel Siaga Gerakan Pemadaman Api di Hutan dan Lahan. Tim yang mengikuti Apel terdiri dari Dinas Kehutanan, Manggala Agni, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba serta Kelompok Masyarakat Peduli Api (KMPA) desa Sungai Medak Kecamatan Bayung Lencir.

Dalam sambutannya Sekda Muba, Drs H Sohan Majid MM, menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap.

“Sebagaimana kita ketahui dampak asap ini luar biasa menyangkut masalah global, oleh karena itu mari kita bersama-sama menanggulangi bahaya kebakaran ini. karena, merupakan bahaya nasional dan kita usahakan untuk kedepannya Muba zero dari kabut asap,” katanya.

Ia juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada tim gabungan beserta perusahaan yang telah bahu-membahu mengatasi kebakaran hutan dan lahan. “Ini tanggung jawab kita  bersama, semoga semangat dan kekompakan ini bisa kita jaga”, tambahnya.

Sementara itu, Menurut laporan Kepala BPBD, Drs Syafaruddin, kebakaran hutan dan lahan yang ada di Kabupaten Muba khususnya di wilayah Kecamatan Bayung Lencir potensi kebakarannya yang paling tinggi di Muba dimana kondisi dan struktur keadaan lahan terdiri dari lahan gambut yang berdiameter 0 sampai 9 meter.

“Menurut laporan dari warga setempat bahwa pada hari Sabtu 1 Agustus sudah ada hujan dan menurut laporan yang kita terima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berdasarkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) bahwa hasil pantauan satelit posisi di wilayah Muba saat ini zero (tidak ada titik api)”, jelasnya.

Syafaruddin juga menambahkan, tidak terlepas dari itu kita tetap siaga karena masih ada laporan dari pantauan satelit bahwa di Muba masih ada asap-asap yang muncul dari permukaan lahan gambut.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, , Kepala Badan Kesbangpol, H M Soleh SE MM, Kepala  Dinas Pekebunan, Drs Iskandar Syahrianto MH, Camat Bayung Lencir, Demoon Hardian Es SSTP MSi, masyarakat setempat dan perwakilan perusahaan beserta dinas terkait. *Charles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here