Home EMPAT LAWANG Sekda Pimpin Mediasi Antara Kades Dan BPMPD

Sekda Pimpin Mediasi Antara Kades Dan BPMPD

64
0

Laporan : Agus Subhan Bakin

EMPAT LAWANG, Jodanews – Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Empat Lawang H Edison Jaya mengadakan rapat dadakan diruangannya. mengenai permasalahan yang Tunjangan Gaji Perangkat Desa dan Anggaran Dana Desa (ADD) 2016 yang belum di cairkan, Bahkan perangkat Desa mengacam akan menggelar demo jika dana belum dicairkan. Rabu Siang (13/4/2016) sekitar Pukul 13.00 WIB.
Pantauan wartawan lapangan, Dalam rapat ini dihadiri juga pihak BPMPD, Kesbangpol, Pol PP Kepolisian, TNI, BPKAD , Kecamatan dan pihak instansi terkait lainnya. Yang ditengahi langsung oleh Sekda Empat Lawang H Edison Jaya.
Edison mengatakan, Bahwa permasalahan ada dapat dimusyawarahkan secara baik-baik.”Ini cuma kurang adanya komunikasi antara pihak perangkat desa dengan instasi yang terkait”. Kata Edison.
Ia juga menegaskan, sesuai peraturan yang di tetapkan pemerintah pusat. setiap kali ingin mencairkan Dana ataupun anggaran, terlebih dahulu untuk melengkapi laporan anggaran dan persyaratan administrasi lainnya. “Kalau syarat sudah lengkap barulah dana bisa dicairkan. kalau syaratpun belum lengkap tapi dana sudah dicairkan, siapa yang ingin bertanggung jawab”. Tegas Edison.
Selaras dengan kepala BPMPD Empat Lawang Alhumaidi Saman mengungkapkan, mengenai mengapa ADD dan APBDes belum bisa dicairkan,”Karena Belum lengkapnya laporan APBDes dan secara administras, tetapi kalau syarat-syarat sudah lengkap dana langsung kami proses ke BPKAD dan langsung dicairkan”, Ungkapnya
Lebih jauh ia menceritakan, untuk diketahui bahwa adanya tunjangan tambahan untuk Kepala Desa (Kades)dan perangkat Desa sebesar 675rb untuk gaji setiap bulannya dan tambahan tunjangan operasional sebesar 1,5 jt. Ujar Alhumaidi.
Terpisah dari ketua Forum Kades di kecamatan Tebing Tinggi Rudi Hartono melalui wakil Ketua Hendra YP mengaku belum terlalu mengerti persyaratan yang di tentukan tersebut.
“Kami jujur belum tau kalau ada persyaratan seperti ini, karena mengingat di tahun sebelumnya persyaratan bisa disusulkan saja”, diakui Rudi Saat dibincangi Wartawan setelah rapat usai gelar.
Disisi lain Rudi juga mengaku senang dengan hasil rapat yang diadakan”melalui rapat ini kami menjadi lebih mengetahui dengan ketentuan syarat yang ada”.Pungkasnya. (Editor Jonheri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here