Sekda Kota Lubuklinggau Buka Sosialisasi Kemitraan Usaha

 

* Produk UMKM Masuk Toko Modern

Laporan : Iman Santoso

LUBUKLINGGAU Jodanews.com,- Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Lubuklinggau mendapat angin segar. Betapa tidak, pemasaran produknya akan masuk ke toko modern seperti JM Swalayan, Hipermart, Alfa Mart, Indomaret dan lain sebagainya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Lubuklinggau, Hendra Gunawan, dalam sosialisasi dengan tema ” Kemitraan Usaha ” bertempat di Ball Room SMart Hotel Lubuklinggau, Rabu ( 22/9/21 )

Lanjut Hendra Gunawan mengatakan, Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber, pelaku usaha toko modern, UMKM, dengan diharapkan output yang dihasilkan toko modern dapat memasarkan produk usaha kecil.

“Bila pelaku UMKM buka toko sendiri tentunya biayanya besar. Kalau dipasarkan, seperti di JM Swalayan, Hipermart tidak perlu bayar gaji pegawai, sewa toko,” ungkap Hendra.

Masih dikatakan Hendra, Terkait izin edar Izin Produksi Rumah Tangga ( IPRT ) dari BPOM.
” Pihak Toko Modern wajib miliki IPRT, sehingga bisa memasarkan produk umkm,” ucap Hendra seraya menambahkan, Pemasaran produk UMKM, sesuai perda no 6 tahun 2016, tentang kemitraan yang bekerjasama dengan pelaku usaha besar memberikan fasilitas pemasarannya.
” Kita akan dorong IPRT sebanyak 250, sehingga produknya bisa dipasarkan di toko besar,” jelas Hendra.

Sementara itu, Sekda Kota Lubuklinggau H Rahman Sani yang membuka acara sosialisasi kemitraan menyampaikan, Pihak pemerintah memberikan pembinaan dan pengawasan produk UMKM agar bisa dipasarkan di toko besar.
“Kita sudah meneken MoU dengan pelaku usaha toko besar, jadi kita akan tindaklanjuti,” ujar Sekda.

Acara sosialisi tersebut dibuka Sekda Kota Lubuklinggau H Rahman Sani dihadiri kepala DPMPTSP Kota Lubuklinggau H Hendra Gunawan dan Kadisdagrin Kota Lubuklinggau, Surya Darma. (Editor Jonheri)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *