Ribuan Masyaraka Tergabung di FST Dukung Iskandar

Laporan Fitriadi

KAYUAGUNG, Jodanews – Karena dinilai peduli terhadap kesejahteraan petani di OKI, ribuan masyarakat yang tergabung dalam Forum Sahabat Tani (FST) menyatakan akan mendukung Iskandar SE untuk memimpin OKI lima tahun kedepan.

Demikian disampaikan Ketua Forum Sahabat Tani OKI, M Zen Bakri, saat acara pengukuhan Forum Sahabat Tani di gedung olahraga Biduk Kajang Kayuagung, Kamis (18/1/2018).

Masih dikatakannya, dalam kesempatan ini kita juga mengucapkan terimakasih atas bantuan dan program Bupati OKI, sehingga produksi padi dapat meningkat.

“Kami akan selalu mendukung Iskandar SE untuk memimpin OKI lima tahun kedepan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pengukuhan FST, Drs Suparman mengatakan, sejak kepemimpinan Bupati OKI, H Iskandar SE, selalu perhatian terhadap petani di OKI, sehingga para petani di OKI dapat merasakan keberhasilan dalam bertani.

Dikatakan Suparman, petani memiliki inisiatif untuk membentuk Forum Sahabat Tani ini, agar dapat menyambungkan silaturahmi antar petani, sehingga diharapkan lebih baik lagi.

“Dengan dibentuknya forum ini dapat kian bersinergi dengan pemerintah dalam bidang pertanian, karena selama ini Bupati OKI H. Iskandar SE yang telah peduli,” ujarnya.

Bupati OKI, H Iskandar SE mengatakan, untuk membangun OKI diperlukan kerjasama yang solid, sehingga tidak ada perbedaan karena kita merupakan satu. Tidak ada perbedaan, seperti halnya petani, tidak ada yang kita bedakan, untuk itu sudah seharusnya kaum petani berdaulat.

“Kami selalu memperjuangkan kaum petani, dengan memperjuangkan hingga ke Menteri Pertanian agar mendapat bantuan handtraktor. Bukan itu saja, saat ini sudah kita realisasikan asuransi untuk petani,” ungkapnya.

Lanjut Iskandar, maka dari itu OKI dapat meningkatkan produksi padi tahun 2017 tercatat sebesar 764.508 ton Gabah Kering Giling (GKG) atau jika dikonversi menjadi beras menjadi sebanyak 458.705 ton.

“Total konsumsi beras penduduk Kabupaten OKI sebanyak 776.253 jiwa adalah sebesar 97.03 ton per tahun atau sekitar 8,08 ton per bulan. Hitung-hitungannya kita mampu surplus sebesar 361.674 ton yang akan kita kirim ke daerah lain,” ujarnya.

Ditambah lagi, mulai pertengahan Februari hingga Maret 2018, kita akan memasuki masa panen raya. “Program 2018 untuk meningkatkan lagi hal itu, pemerintah telah menyiapkan pembuatan irigasi agar tidak ada lagi kebanjiran sawah,” pungkas Bupati. (Editor Jon Heri)

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *