Rangkaian Peringatan HUT RI Berlangsung Lancar,Kibarkan Bendera Sepanjang 75 Meter

Empat Lawang, JodaNews.com – DENGAN tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, berjalan lancar, Senin (17/8/2020).

Rangkaian yang diawali upacara bendera yang digelar di lapangan Pemkab Empat Lawang, diinspekturi Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad dan yang bertindak sebagai pembaca teks UUD 1945, Ketua DPRD Empat Lawang, Persi SE.

Upacara yang berlangsung khidmad tersebut, dihadiri Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana ST bersama Sekda Empat Lawang, H Edison Jaya dan unsur Forkompinda lainnya serta Ketua TP PKK Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Safriani Joncik dan Ketua GOW Kabupaten Empat Lawang, Putri Sari Dewi Yulius.

Usai Pelaksanaan upacara bendera di lapangan Pemkab Empat Lawang, rangkaian kegiatan dilanjutkan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta, secara virtual di ruang rapat utama (Ruang Rapat MADANI) Setda Empat Lawang.

Kemudian, rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, dilanjutkan di Jembatan Musi II Tebing Tinggi. Di sini Bupati dan Wakil Bupati bersama unsur Forkompinda Empat Lawang, menyaksikan pengibaran bendera sepanjang 75 meter di atas aliran Sungai Musi, oleh sejumlah atlet arung jeram Empat Lawang.

Tidak hanya menyaksikan pengibaran bendera sepanjang 75 meter, dalam kesempatan itu Bupati Empat Lawang didampingi Wakil Bupati Empat Lawang, menandatangani deklarasi Ekplorasi Ayek Lintang, sebagai tanda dimulainya pencanangan promosi potensi arung jeram di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Tidak hanya sampai disitu, rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan ke 75 tahun Republik Indonesia, dalam lingkungan Pemkab Empat Lawang, dilanjutkan di Lapas Kelas IIB Empat Lawang. Di sini, Bupati Empat Lawang secara simbolis menyerahkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI tentang pemotongan masa hukuman bagi warga binaan di Lapas ini, dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengatakan, dengan peringatan HUT ke 75 tahun, ini artinya Bangsa Indonesia semakin dewasa. Kemudian, dalam kondisi pandemi COVID-19 pad saat ini, Bupati Joncik Muhammad mengajak semua masyarakat untuk tetap optimis, bahwa Bangsa Indonesia akan mampu melewati bencana yang dialami ini.

“Harapan kita ekonomi segera pulih, dan bangsa kita akan sama (sejajar) dengan bangsa (yang lebih maju) lain bahkan lebih dari negara lain,” katanya.

Kemudian kata Joncik, khusus masyarakat di Empat Lawang, dengan semangat HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia, dia mengajak masyararakat di Empat Lawang untuk tetap optimis mejadikan Kabupaten Empat Lawang, menjadi kabupaten Maju, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis dan Indah (MADANI). Sekalipun dengan pencapaian target yang tidak dapat dilakukan seratus persen, karena anggaran daerah yang mengalami penurunan yang luar biasa akibat pandemi COVID-19.

“Tapi kita harus tetap semangat dan yakin bahwa Empat Lawang MADANI akan tetap terwujut,” ucapnya.

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *