Home HL Plt Bupati Muba Himbau Warganya Tak Bakar Hutan

Plt Bupati Muba Himbau Warganya Tak Bakar Hutan

54
0

Laporan : Charles/Cindra

MUBA,Jodanews– Kebakaran hutan merupakan ancaman tersendiri bagi negara yang bersangkutan maupun bagi mansyarakat dunia secara umum. Telah dipahami bahwa hutan memegang peranan yang penting bagi keseimbangan hidup di bumi. Alpanya hutan menjaga bumi akan berimbas pada hidup organisme termasuk manusia di dalamnya. Oleh sebab itu, keberlangsungan hutan bukanlah sebuah opsi tetapi sebuah keharusan. Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Kehutanan kabupaten Musi Banyuasin Matro, kemarin.
Matro menambahkan, upaya penanggulangan yang harus dilakukan diantaranya adalah dengan memberdayakan sejumlah posko yang bertugas menanggulangi kebakaran hutan, memantapkan koordinasi antara sesama instansi yang saling terkait. Meski demikian menurutnya Upaya penanggulangan kebakaran hutan ini tentunya harus sinkron dengan upaya pencegahan. Sebab walau bagaimanapun, pencegahan jauh lebih baik dari memanggulangi.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi saat menghadiri panen raya di desa Sukamaju, menghimbau seluruh masyarakat dalam wilayah kabupaten Musi Banyuasin untuk tidak sembarangan membakar lahan. Hal ini menurutnya sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo.
Menurutnya, Kebakaran hutan atau lahan bisa berdampak pada kerugian sosial dan ekonomi. Karena itu, semua pihak diminta untuk waspada dan tidak membakar hutan dan lahan sembarangan, ungkap Beni Hernedi, dihadapan masyarakat Sukamaju kecamatan Babat Supat saat kujungan didesa Sukamaju kecamatan babat Supat.
Dirinya mengingatkan kepada seluruh kepala desa, agar mengingatkan warganya dan perusahaan yang beroperasi disekitarnya untuk tidak membakar lahan. Seluruh masyarakat yang membersihkan lahan maupun investor perkebunan yang sedang membuka lahan agar bersama-sama menjaga supaya tidak terjadi kebakaran lahan saat musim kemarau. Karena kebakaran bisa mengganggu kesehatan, membahayakan penerbangan pesawat, serta kerugian sosial dan ekonomi. “Tolong Pak Kades ingatkan warganya jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar. Kalau ada pembakaran tanpa ada koordinasi, maka pihak pemerintah dan FKPD kena sangsi tegas oleh Pak Jokowi,” tukasnya.
Akibat dari semua itu, menurut Beni Hernedi, nantinya bisa berujung pada sengketa bahkan dapat dipidanakan. dirinya menekankan, semua pihak sama-sama mengantisipasi persoalan tersebut. Hal sederhana tentu harus dimulai dari diri sendiri. Namun khusus perusahaan supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Hari ini kita Panen Raya, aku khawatir kemarin dibuka dengan dibakar dan hari ini kita meresmikanya, jadi apa kata dunia kan,” imbuh Beni berseloroh, sontak hadirin yang hadir tertawa dan bertepuk tangan. (Editor Jonheri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here