Home Uncategorized Pemkab Muba Bantu Korban Longsor

Pemkab Muba Bantu Korban Longsor

55
0

MUBA,JI-Guna meringankan beban sekaligus wujud perhatian atas musibah yang dialami warga Desa Teluk Kijing I dan Desa Teluk Kijing II Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang rumahnya diterjang longsor, Senin (3/8), Pemerintah Kabupaten Muba, diwakili Asisten II Bidang  Perekonomian dan Pembangunan, Ir H Sulaiman Zakaria MT, menyerahkan bantuan berupa sembako, selimut dan peralatan rumah tangga, kemarin..

Pada kesempatan itu, Assisten II bersama rombongan yang terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PUCK) dan Pengairan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Camat Lais, Kades Desa Teluk Kijing I dan II menyempatkan diri meninjau lokasi longsor menggunakan perahu  dan berjalan kaki.

Berdasarkan informasi yang diterima,  jumlah rumah warga yang menjadi korban longsor untuk Desa Teluk Kijing I sebanyak 56 rumah dan 83 rumah di Desa Teluk Kijing II.

Sulaiman meminta warga Desa Teluk Kijing untuk waspada longsor, hampir sepanjang bantaran sungai Musi di Desa teluk Kijing I dan II rawan langsor terutama pada musim hujan.

“Untuk menindaklanjuti masalah ini, Pemerintah Kabupaten Muba telah memerintahkan Dinas PUCK dan Pengairan untuk melakukan survei lebih detail lagi, apa saja yang mengakibatkan terjadinya tanah longsor, sehingga mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, baik itu dengan membuat gorong – gorong saluran air ataupun pembuatan pagar beton untuk menyangga tanah agar tidak longsor,” ujar Sulaiman.

Sementara itu, Camat Lais H Irwan Sazili S Sos MSi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor itu, namun ada satu rumah yang bagian dapurnya hancur terkena longsor. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Kepada warga yang rumahnya ada ditepian sungai untuk lebih berhati – hati lagi, terutama bagian dapur harus dikosongkan jangan sampai ada lagi barang maupun kegiatan di bagian dapur untuk mencegah adanya korban jiwa ataupun kerugian yang lebih besar lagi,” kata camat. *charles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here