Home EKONOMI Mengais Rezeki Ditengah Bencana Banjir

Mengais Rezeki Ditengah Bencana Banjir

74
0

[quote]Laporan : Charles[/quote]

 

Muba, jodanews.com – Musibah banjir yang melanda sebagian daerah di Kabupaten Musi Banyuasin           (Muba), tidak hanya membawa dampak negative. Ternyata bagi sebagian warga, musibah banjir ini malah membawa berkah. Mereka bisa menangkap ikan dengan peralatan yang sederhana, hasilnya pun cukup berlimpah.

Berbekal peralatan seadanya, warga Desa Epil Kecamatan Lais dan warga Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu, mengayuh sampan. Ya, hanya dengan membawa alat penangkap ikan, seperti jaring, jala, tangkul dan sebagainya, warga tampak riang memburu ikan.

Tampak warga mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki atau perempuan terlihat menunggu disetiap lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk menangkap ikan.

Yesi (38) warga Dusun II Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin mengatakan, banjir adalah musibah tahunan yang selalu melanda desanya dan beberapa desa dipinggiran sungai, Namun terkadang bagi dirinya banjir juga momentum untuk mencari ikan.

“Setiap musim penghujan di desa kami selalu mengalami banjir, namun kami merasa ada hiburan untuk mencari ikan di sepanjang aliran gorong-gorong dan lubuk yang dialiri air, hitung-hitung lumayanlah, selain untuk hiburan dan untuk lauk dirumah juga untuk menambah penghasilan jika hasil tangkapan banyak dan dapat dijual,” ungkapnya.

Kegiatan seperti ini, menurutnya terus dilakukan disaat tibanya musim penghujan dan air mulai merendam sebagian lahan dan kebun warga setempat. Karena, baik ikan sungai maupun ikan yang berasal dari rawa-rawa setempat akan tersebar disetiap titik air yang dalam.

Senada dikatakan Ican (28) warga desa Lumpatan kecamatan Sekayu. Menjelang sore hari disetiap aliran air yabg cukup dalan terutama dibawah jembatan selalu dipadati warga setempat untuk mencari ikan.

Bukan hanya itu, warga yang tidak terlibat mencari ikanpun berbondong bondong memadati lokasi tempat pencarian ikan untuk menonton.

“Banjir ini rupanya menjadi hiburan tersendiri bagi warga yang berdomisili di sepanjang jalan Epil- Lumpatan, selain ada yang mencari ikan, masyarakat yang menontonpun ramai berkunjung”, ujarnya.( Editor : Asep )[quote]CONTENT_HERE[/quote][quote]CONTENT_HERE[/quote]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here