Koramil 11/Kraton Bantu DLH Kota Pangkas Pohon di Area Kraton

Laporan Abiyasa / Pendim 0734/Yka

YOGYAKARTA, Jodanews.com – Pohon besar yang berada di area wisata Kraton dipangkas dan dirapikan dahannya oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota yogyakarta bersama dengan warga dan anggota Koramil 11. Sejumlah 15 orang personil DLH memotong dahan pohon Tanjung yang berada di Jalan Keben Kraton menggunakan mobil crane, Selasa (19/2/2019).

Anggota Koramil 11/Kraton Kodim 0734/ Yogyakarta membantu membersihkan potongan dahan dan kayu yang dipangkas untuk dimasukkan ke dalam truk sampah. Sertu Dandun anggota Koramil Kraton membantu pelaksanakan kerja bhakti pemangkasan pohon besar yang berada di area Keben pintu masuk wisata Kraton.

Sementara itu Supriyadi (57), salah seorang Abdi Dalem juga pegawai Wahono Sarto Kriyo Kraton yang sekaligus pengawas kerja menuturkan bahwa pohon tanjung yang terdapat di area Kraton sebagian besar sudah terlalu tinggi dan lebat. “Selama ini pohon besar tersebut mengganggu aktifitas para pedagang, sopir yang sedang parkir dan pengunjung wisata merasa agak was-was jika batang kayu sering jatuh,” tuturnya

Ada sekitar 30 pohon di dalam Kraton yang akan dipangkas dan dirapikan. Di area Kraton terdapat pohon yang sudah berumur puluhan hingga ratusan tahun. Rencananya juga akan dilakukan pemangkasan pohon di dalam kompleks Kraton tetapi masih menunggu konfirmasi dari kantor Wahono Sarto Kriyo, terang Supriyadi. (Editor Jon Heri)

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *