Home EMPAT LAWANG Kodim 0405 Gelar TMMD Di Empat Lawang

Kodim 0405 Gelar TMMD Di Empat Lawang

55
0

Laporan : Agus Subhan Bakin

EMPAT LAWANG,Jodanews – Komando Distrik Militer (Kodim) 0405 Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang, Senin (4/4) menggelar kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Empat Lawang. Kegiatan itu di pusatkan di Desa Tanjung Ning Jaya Kecamatan Saling dengan menurunkan sedikitnya 90 anggota TNI yang tergabung dalam Kodim 0405.

Pelaksanaan TMMD dihadiri langsung Dandim 0405, Letnan Kolonel (Letkol) CZI. Srihartono. Dan tampak hadir juga Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah, Ketua DPRD Empat Lawang, H David Adrianto (HDA), Sekda, Edison Jaya, Kepala BNN Empat Lawang, H Amancik dan segenap tamu undangan dan peserta TMMD yang berkesempatan hadir.

Dandim 0405 Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Letkol CZI Srihartono mengatakan, TMMD yang dilaksanakan pihaknya ada 2 program. TMMD yang diadakan di Empat Lawang ini merupakan TMMD imbangan atau karya bakti. “Program ini merupakan program lintas sektoral yang melibatkan Instansi Pemerintah, TNI, Polri dan komponen bangsa lainnya termasuk masyarakat,” ujarnya dilokasi TMMD, Senin (4/4/2016)

Dandim 0405 menjelaskan, pelaksanaan TMMD sengaja digelar untuk mempercepat akselerasi pembangunan di daerah yang tentunya apabila dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) mengalami kesulitan biaya dan kesulitan non tekhnis. Khususnya dibidang pembebasan lahan dan bidang keamanan.

“Apalagi Empat Lawang merupakan salah satu daerah APBD rendah di Sumsel. Itulah TNI hadir untuk membantu, dengan dana yang sedemikian, pembangunan tetap berjalan,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan TMMD ini juga peran masyrakat menjadi faktor utama. Masyarakatlah yang sukarela menghibahkan tanahnya sepanjang 16 KM untuk dibuka menjadi kepentingan umum guna dibangun untuk jalan. “Tebing tinggi ke Saling selama ini terisolir. Diharapkan dibukanya jalan ini, memberikan manfaat masyarakat Saling khususnya, masyrakat Empat Lawang umumnya,” kata dia.

Kemudian, juga dilakukan pembukaan akses ke Kabupaten Rejang Lebong. “Kalau dahulunya harus dilalui 2,5 jam. Dengan jalannya ini hanya 30 menit saja. Diharapkan dengan dibuka jalan jalur ekonomi terbuka, dan keamanan lebih baik lagi, Serta terwujud kesejahteraan masyarakat. Dan juga sebagai wujud implementasi kemanunggalan TNI dan masyarakat. Ini bukti TNI dari rakyat, dan untuk rakyat. Bekerjasama dengan rakyat. Kerja ini akan lebih ringan apabila dikerjakan secara bersama2,” paparnya.

Sementara itu, Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengatakan, terimakasih kepada pihak TNI yang telah melaksanakan TMMD di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini. “Dengan begini, diharapkan mampu membantu percepatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Terimakasih juga, Syahril ucapkan untuk mayarakat terutama masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan tersebut. “Ini semua untuk kalian (masyarakat) juga. Kalau akses jalan terbuka, maka perekonomian meningkat. Harga tanah disekitar jalan pun akan naik,” pungkasnya. (Editor Jonheri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here