KEUTAMAAN HARI JUM AT

Oleh : H. Albar Sentosa Subari. SH. SU (Ketua Pembina Adat Sumsel / Peneliti Hukum Adat Indonesia)

: Marsal (Penghulu KUA Kecamatan Muara Enim / Pemerhati Hukum Adat)

Hari jumat termasuk hari paling utama. Dalam al Jami as Shaghir disebutkan hadits “.Pimpinan hari adalah hari Jumat, lebih besar dari pada hari Adha dan Fitri. Di dalam hari Jumat ada lima keistimewaan. Pada hari itu, Allah swt menciptakan Adam AS. Pada hari itu, Adam diturunkan dari surga ke bumi. Pada hari itu meninggal dunia. Pada hari itu, ada satu saat dimana hamba tidak meminta sesuatu kepada Allah, kecuali Dia memberikan nya selama dia tidak meminta dosa atau memutuskan hubungan keluarga. Pada hari itu kiamat terjadi.Tidak ada malaikat, langit, bumi, angin gunung, maupun batu, kecuali takut akan hari jumat ( HR. Safi’i, Ahmad, dan Bukhari dari Sa’d bin Ubadah).
Nabi Muhammad Saw bersabda, Siapa saja yang mandi pada hari jumat, maka terkubur lah dosa dosa dan kesalahan nya (HR. Hakim dari Qatadah).

Marsal (Penghulu KUA Kecamatan Muara Enim / Pemerhati Hukum Adat)

Inilah yang dimaksud Nabi Muhammad Saw dalam sabdanya ” Siapa saja yang mandi pada hari jumat, maka dia berada dalam kesucian sampai jumat berikutnya. Yakni suci secara maknawi.
Nabi bersabda Sesungguhnya di hari jumat dan malam jumat terdapat 24 jam. Allah memerdekakan 600.000 orang yang dimerdekakan dari neraka pada setiap jamnyu.
Syekh Abdul Qadir al Jailani mengatakan. Kami menerima riwayat dari Abu Nashr dari ayahnya dengan sanad dari Tsabit al Banaqi, dari Anas bin Malik ra bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda Sesunt Allah swt memiliki 600.000 orang yang dimerdekakan dari neraka pada setiap siang dan malam jumat. Di hari jumat ada 24 jam. Dalam setiap jam ada enam ratus ribu orang dimerdekakan dari neraka. Semua nya dikabulkan oleh neraka.
Imam Ghazali mengatakan. Dalam hadits disebut kan, bahwa setiap malam jumat ada enam ratus ribu yang dimerdekakan Allah swt dari neraka.
Nabi Muhammad Saw bersabda Sesungguhnya neraka Jahim menyala setiap hari, sebelum tergelincir ketika matahari tegak ditengah langit. Karena itu, jangan lah kalian sholat itu., kecuali hari jumat. Su gguh hari jumat itu sholat seluruhnya, dan sesungguhnya neraka Jahanam tidak menyala pada hari itu.
Nabi Muhammad Saw bersabda Siapa saja yang tidak melakukan shalat jumat TANPA ALASAN ( tebal oleh penulis skr ada covid 19),hendaklah dia menyedekahkan satu dinar. Bila tidak ada, maka setengah dinar ( HR. Ahmad, Dawud, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dari Samurah bin Jundub).
Maksudnya, orang yang terkena kewajiban, disunnahkan bersedekah satu dinar emas. Bika tak ada, setengah dinar, menjadi penebus karena tidak solat jumat. Hadits ini Shahih, gaitu hadits yang sanadnya bersambung dengan perawi tepercaya yang tidak memiliki cacat.
Nabi Muhammad Saw bersabda Siapa saja yang meninggalkan tiga kali jumat karena MEREMEHKANNYA (tebal oleh penulis), maka Allah mengunci mati hatinya ( HR. Ahmad, Abu Dawud, Thirmudzi, Nasai, dan Ibnu Majah dari Ja’du. Sanadnya Hasan).
Karena faktor tidak beralasan, maka Allah swt tidak memberikan Rahmadnya kepadanya.
Nabi Muhammad Saw bersabda Siapa saja yang meninggalkan tiga kali jumat tanpa alasan, maka dia tertulis sebagai salah satu orang munafik ( HR. Thabrani dari Usmah bin Zaid).
Nabi Muhammad Saw bersabda, Siapa saja yang meninggal pada hari jumat atau malamnya, maka dihapuskan siksa kubur dari dirinya. Imam al Ghazali menulis Siapa meninggal malam jumat atau hari jumat, maka Allah swt, menulis pahala syahid untuk nya dan dijaga dari malapetaka kubur.

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *