Home Uncategorized Karate Porsiba Ujian Kenaikan Kyu

Karate Porsiba Ujian Kenaikan Kyu

64
0

MUARA ENIM, JD – Sebanyak 200 peserta Karate binaan Porsiba ikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) KYU, yang digelar di Gedung Serba Guna SMA Bukit Asam, Minggu (9/8). Para peserta itu berasal dari pelajar tingkat SD hingga SMA Sederajat yang ada di Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Lawang Kidul.

“Dari lima belas tempat latihan yang ada di Kecamatan Muara Enim dan Lawang Kidul,”kata Pengurus Porsiba melalui bidang Beladiri, Mustafa Kamal, kepada koran ini di sela-sela kegiatan kemarin.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan program kerja dari Porsiba melalui bidang beladiri. Lanjut dia, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mendapatkan tingkatan sabuk yang lebih tinggi. Sekaligus sebagai program pembinaan Porsiba yang didirikan PT Bukit Asam Tanjung Enim.

“Ujian Kenaikan Tingkat Karate (Penurunan Kyu,red), dari tingkatan tinggi ke rendah, sering disebut, ujian kenaikan sabuk,”ujar Mustafa.

Ia menjelaskan, tingkatan itu dimuali dari sabuk putih ke sabuk kuning, kuning ke hijau, hijau ke biru, dan biru ke sabuk coklat. Menurutnya, antara sabuk biru dan sabuk coklat ini bisa saja tidak berubah. Tetapi kata dia, misalnya hanya nilai KYU saja yang berubah.

“Misal sabuk coklat pemegang KYU I setengah turun menjadi satu atau hanya setengah. Sementara sabuknya tetap coklat,”katanya.

Lanjut dia, tim penguji ujian kenaikan tingkat itu dihadirkan dari Majelis Sabuk Hitam Pengda (Pengurus Daerah) Lemkari Sumatera Selatan. Kemudian dibantu oleh majelis sabuk hitam Pengcab Muara Enim. Diantaranya, Ir Harnel Ferri dari Lemkari Sumsel Pemegang DAN V, dibantu Akhrizul Fatah (DAN II), Ali Jhon Asegaf (DAN II), dan Abdi Terami (DAN I). *Marshal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here