Home HL IPAL Talang Betutu Bening Seperti Air PAM, Buat Fitri Gembira

IPAL Talang Betutu Bening Seperti Air PAM, Buat Fitri Gembira

56
0

Laporan Kholik

PALEMBANG, Jodanews – Proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarame Palembang, akhirnya rampung pada akhir Desember 2017 lalu. Hal itupun membuat Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda cukup gembira.

Pasalnya, proyek Pemkot Palembang dan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU-Pera) yang dikerjakan melalui dana Islamic Development Bank (IDB), membuat lokasi sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) di Kelurahan Talang Betutu, jauh lebih bersih bahkan air pembuangan bening seperti air PDAM.

“Ini akan mewujudkan program zero kawasan kumuh yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Karena tidak ada lagi limbah kotor yang keluar dari salurah pembuangan rumah tangga. Airnya sebening air bersih PDAM,” ungkapnya disela-sela kunjungannya di Lorong Keluarga, Kelurahan Betutu, Kecamatan Sukarami Palembang, Selasa (30/1/2018).

Disampaikan Wawako Palembang, Fitrianti Agustinda , program pengentasan kawasan kumuh, sudah menjadi komitmen Pemkot Palembang, untuk mengentaskan lingkungan yang selama ini terkesan kumuh.

Melalui program sanitasi baik yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang, maupun bantuan pusat dan pihak swasta, secara bertahap pengentasan kawasan kumuh melalui pembangunan IPAL terus dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu.

“Kita akan lakukan secara bertahap, jadi kedepan tidak ada lagi lingkungan masyarakat yang tidak memiliki IPAL,” tandasnya. (Editor Jon Heri)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here