Home HL Humas Mura Gelar Semiloka di Pangkal Pinang

Humas Mura Gelar Semiloka di Pangkal Pinang

60
0

Laporan : Iman Santoso

PANGKAL PINANG, jodanews– Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Melalui Sekretariat bagian Humas Mura mengadakan acara Seminar dan Lokakarya ( Semiloka ) Jurnalis Media Partner yang bertempat di Hotel Santika Kota Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung, acara tersebut berlangsung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 11-13 Februari 2016.
Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas), Kms H Abdulah Fadl,SE,MSi saat di wawancarai wartawan JI mengatakan, Acara Semiloka diberikan kepada rekan-rekan media yang bertugas di Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan menjadi sarana silaturahmi dengan Bagian Humas Setda Mura. Hingga kedepan terjalin sinergisitas dan partnership yang baik diantara kedua belah pihak. Dimana Humas menjadi sarana informasi komunikasi kegiatan-kegiatan Pemkab.
” Saya harapkan semiloka ini menjadi sarana keakraban antara pihak pemkab musi rawas dan para awak media yang ada di musi rawas, kedepan yang program Humas Baru dengan paradigma baru. Sehingga, Humas dapat bekerja lebih baik dengan kerjasama antar media yang ada di Kabupaten Mura,”ungkap Fadli usai pembukaan semiloka Junalis Media Patner Pemkab Mura 2016
Lebih lanjut dikatakan Padli, Bahwa berlangsungnya acara semiloka kedepan diharapkan mampu menambah wawasan dan keilimuan bagi seluruh jurnalis dalam artian, semiloka ini, selain menjadi modal meningkatan wawasan dan keilmuan para jurnalis. tentunya semangat silahturahmi dan kearaban terjalin menjadi sangatlah penting sebagai bentuk koodinasi,” Jelas Padli.
Selain itu, masih dikatakan Fadli. Dalam kegiatan semiloka tersebut pula. Kepada para jurnaslis.yang belum ikut dalam acara semiloka tersebut insya allah kalu tidak ada halangan dalam tahun ini juga nanti ada susulan gelombang kedua untuk di berangkatkan.untuk itulah pihaknya berharap kedepan jurnalis di Mura profesional, berintegritas dan Humas sebagai pusat informasi pemerintah mampu bekerjasama lebih baik lagi
“Yang jelas, kedepan sinergisitas itu, tadi hanya sebatas semiloka. tetapi ada pertemuan kembali sebagai langkah menjalin hubungan dan ranah silaturahmi antara Humas dan para jurnalis di Kabupaten Mura dengan paradigma baru,”terangnya.
Sementara itu, Armansyah Nasution selaku narasumber Semiloka mengatakan, para jurnalis kembali ke kode etik yang telah ditentukan. Dimana para insan pers memiliki peran penting dalam memberikan informasi yang baik di masyarakat.
“Saya harapkan kedepan insan press tetap mengedepankan kode etik dan memberikan informasi dengan baik di masyarakat,”jelas pria berprofesi seorang advokat itu.
Sedangkan, pemateri bidang Hukum, Urbanisasi mengatakan fungsi insan press tidak hanya memberikan informasi di masyarakat juga mempengaruhi ekonomi di masyarakat. Sehingga, diharapkan kedepan wartawan sebagai pilar keempat dapat menjalankan tugas dengan etika dan berpedoman hukum.
“Kita harapkan insan press yang ada di Indonesia memiliki kompetensi dan bersertifikasi,” Jelasnya.
Ditempat yang sama perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Sumatera Selatan Jon Heri selaku narasumber Semiloka mengatakan, Bahwa organisasi yang di akui oleh pemerintah Indonesia ada tiga yakni, Persatuan Indonesia ( PWI ), Aliansi Jurnalis Indonesia ( AJI ) serta Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI ) untuk itulah kita wajib ikut dalam ketiga organisasi tersebut baik PWI,AJI maupun IJTI.
‘ Wartawan wajib ikut dalam organisasi tersebut,karna ketiga organisasi tersebut sudah di akui negara, karna apabila kita terjadi benturan di lapangan dalam melaksanakan tugas jurnalistik pihak PWI siap untuk membantu, untuk itu saya sarankan kepada teman-teman media yang belum ikut berorganisasi mulailah ikut berorganisasi, tinggal pilih yang mana teman-teman yang sukai dan tidak ada paksaan ”Jelas Jon Heri.
Lebih lanjut Jon Heri mengatakan, untuk PWI sendiri ada jenjang tingkatannya yakni Anggota Muda ,Anggota Biasa,dan Anggota Kehormatan.untuk anggota muda yang mau meningkatkan status menjadi anggota biasa, dari anggota muda harus dua tahun dulu menjadi anggota muda sudah,dua tahun jadi anggota muda baru bisa mengikuti peningkatan status menjadi anggota biasa.harus. Untuk itulah dirinya sangat mendukung acara Semiloka yang diselenggarakan pihak pemkab musi rawas melalui sekretariat bagian humas musi rawas, untuk kedepannya acara seperti ini sering dilakukan,” Pinta Jon Heri.
Untuk diketahui, dana kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Musi Rawas tahun 2016,acara kegiatan semiloka Jurnalis Media patner Pemkab Musirawas 2016 ini dihadiri 48 wartawan dari berbagai media, baik dari media cetak, oneline,radio maupun televisi yang bertugas di kabupaten Musirawas.(editor Jon Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here