Home EMPAT LAWANG Gardu Induk Belum Difungsikan

Gardu Induk Belum Difungsikan

56
0

Laporan : Agus Subhan Bakin

EMPAT LAWANG, Jodanews – Gardu Induk (GI) listrik berada di Talang 12 Kecamatan Tebing Tinggi yang direncanakan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai sumber transmisi listrik di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati hingga saat ini belum ada kejelasan kapan akan difungsikan. Keberadaan GI tersebut seperti terbengkalai, sebab bangunan GI sudah di penuhi ilalang yang tumbuh hingga ke pagar keamanan GI.
Kepala PLN Rayon Tebing Tinggi, Wisnu, melalui Supervisor Tekhnik, Gema Sabarani, mengatakan, pihaknya belum mengetahui kejelasan GI itu. Sebab pihaknya menginduk pada PLN wilayah yang mengatasi pelanggan. Sedangkan untuk bagian GI yang menanganinya pihak PLN Unit Induk Pembangunan (UIB). “Mereka (UIB) yang tangani masalah pembangunan GI, kantornya ada di Palembang,” ujar Gema.
Ia menjelaskan, PLN rayon Tebing Tinggi berkewenagan melayani masyarakat dari tegangan 20 ribu volt hingga 220 volt. “Jadi ranah kami di pelanggan. Untuk masalah GI UIB yang menanganinya, mereka yang berwenang,” ujarnya
Namun, sepengatuhan pihaknya GI tersebut belum beroperasi lantaran terkendala jaringan transmisi yang belum ada. Selain itu juga terkendala masalah lahan yang hendak dilalui transmisi listrik. “Transmisi itu diambil dari Lubuk Linggau, nah ada lahan yang bermasalah yang dilalui transmisi itu, tapi dimana tepatnya Saya juga tidak tahu,” katanya
Gema mengakui, permasalahan listrik di Empat Lawang yang sering mati alias byarpet itu salah satu penyebabnya yakni belum difungsikannya GI . “Belum difungsikan GI, jadi kita ngambil listrik terlalu jauh dari lahat,” tuturnya.
Akibat terlalu jauh tersebut, ditambah lagi jaringan listrik yang banyak berada dihutan, itulah yang menambah permasalahan byarpet di Empat Lawang. “Apalagi musim hujan, pohon sering tumbang, pohon yang seharusnya belum tumbang, tapi tumbang, itulah salah satu penyebab rusaknya jaringan kita,” ungkapnya.
Walau demikian, Gema mengatakan, pihaknya akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kami akan berusaha memberikan layanan terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya (Editor Jonheri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here