Home EKONOMI Empat Lawang Lumbung Padi Se-Sumatera Selatan

Empat Lawang Lumbung Padi Se-Sumatera Selatan

75
0

Laporan : Agus Subhan Bakin

EMPAT LAWANG,Jodanews – Dengan memiliki lahan baku 14.091 Hektar, dimana
sasaran luas tanam Oktober 2015 sampai dengan September 2016 luasnya mencapai 33,827 Ha, luas panen 31,855 Ha. Sedangkan produksi mencapai 148,158 Ton, dan Provitas 5,06 Ton per Hektar dengan indek pertanaman (IP) 200 untuk Kecamatan Paiker. Artinya, Empat Lawang merupakan salah satu kabupaten lumbungnnya padi Se-Sumatera Selatan.

Kita bisa lihat dari hasil sample panen raya di Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, tercatat hasil produksi beras mencapai 5,06 ton per hektare (Ha). Jumlah ini melebihi standar nasional yang hanya 4,5 ton beras/Ha.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Empat Lawang, Rudianto, mengatakan.Lalu untuk produksi beras mencapai 5,06 ton/Ha. “Hasil produksi beras yang dilakukan mencapai 5,06 ton. Hasil ini tentunya melebihi standar nasional yang hanya mencapai 4,5 ton/Ha,” ungkap Rudianto seraya menambahkan dari hasil tersebut tentunya memberikan pencerahan bagi masyarakat petani di Empat Lawang.

Senada dari Plt Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah Menambahkan,”Setidaknya memang dipastikan bahwa kabupaten empat Lawang bisa menjadi salah satu kabupaten sebagai lumbung pangan dan surplus beras di Sumsel bahkan tingkat nasional,” Imbuhnya.(Editor Jonheri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here