Edi Safari Pimpin Apdesi Musi Banyuasin

Laporan : Cindra

MUBA, jodanews.com – Asosisasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Apdesi di Aula BPMPD Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (11/2). Hasilnya Kepala Desa Petaling Drs Edi Safari yang sebelumnya menjabat Ketua Apdesi Kecamatan Lais, terpilih menjadi Ketua DPC Apdesi Kabupaten Muba periode 2015-2019.

Hadir dalam Muscab itu, pengurus Apdesi Kabupaten Muba, ketua dan Sekretris Apdesi Kecamatan se-Kabupaten Muba, kepala BPMPD Muba H Haryadi Karim SE MSi, Kabid Pemdes BPMPD Syamsul Rizal SE MSi, dan Kabid SDA TTG Sahidi Spd MSi.

Kepala BPMPD Muba Haryadi Karim SE MSI  Saat diwawancarai usai musyawarah mengatakan, pemilihan ketua Apdesi Kabupaten Muba ini digelar dikarenakan ketua Apdesi yang lama yakni  Ardi  Saleh mengundurkan diri dari jabatanya dikarenakan habis masa jabatan selaku kepala desa rantau panjang sekaligus menjadi pengurus salah satu partai. Selain itu, muscab ini digelar atas kesepakatan bersama antar pengurus apdesi kecamatan yang ada.

“Ketua Apdesi lama telah mengundurkan diri dari jabatanya, karena selain sudah tidak menjabat sebagai kepala desa juga telah aktif disalah satu partai politik. Makanya, muscab ini dilakukan untuk mencari nahkoda baru bagi Apdesi kabupaten Musi Banyuasin kedepannya dan kita disini sebatas memfasilitasi keinginan pengurus Apdesi tingkat kecamatan saja,” jelas Haryadi.

Kedepan dirinya berharap agar para kepala desa yang mengikuti muscab ini pro aktif dan tetap menjaga kebersamaan.

“Dengan terpilihnya ketua Apdesi baru, diharapkan mampu membawa Apdesi ke arah yang lebih baik, dan mampu menampung aspirasi dari para kepala desa. Selain itu diharapkan organisasi ini lebih mengayomi rekan sesama kepala desa, menyatukan persepsi, mengangkat harkat dan martabat sebgai kades,” jelasnya.

Selaku ketua Apdesi terpilih, Drs Edi Safari berterima kasih atas amanah yang dipercayakan kepadanya dan akan berupaya secara maksimal untuk mengemban kepercayaan tersebut.

“Setelah saya terpilih sebagai ketua Apdesi kabupaten Muba visi pertama saya adalah mewujudkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan sehingga terjalin rasa kesatuan dan persatuan yang erat serta kuat dan kokoh”, ujar Edi safari.

Selain itu, dirinya juga akan berupaya untuk menjalankan misinya untuk membuat Apdesi Muba tampil beda di provinsi Sumatera Selatan dengan beberapa pokok item diantaranya menjalin kemitraan dengan pemerintah dan non pemerintah serta memperkuat ekstensi desa sebagai pemerintah desa untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada didesa baik sumber daya alam maupun manusia. Dan beberapa item misi apdesi yang akan dijalankan kedepannya, jelas Edi safari.(Editor: Elan)

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *