Home HL Desa Pancurmas Ingin Kembali ke Kabupaten Lahat

Desa Pancurmas Ingin Kembali ke Kabupaten Lahat

59
0

Merasa Tidak Diperhatikan Pemerintah Empat Lawang

Laporan; agus

Empat Lawang, jodanews– Beberapa warga desa Desa Pancurmas Unit jaya Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang berkeinginan pindah saja alias gabung dengan Kabupaten Lahat, pasalnya desa persiapan tersebut tidak mendapatkan bantuan dana desa dari pemerintah pusat sedangkan desa lain yang masih berstatus desa persiapan dapat dana desa.

Hal inilah yang dipertanyakan oleh Pejabat (Pj) Kepala Desa Pancurmas Unit Jaya Kholiadi Gumay saat disambangi oleh wartawan, Senin (28/12). Menurutnya, sebanyak desa di Tebing Tinggi hanya Desa Pancurmas yang tidak mendapatkan bantuan dana desa, meskipun Desa Pancurmas masih dalam katagori desa persiapan namun beda dengan desa lain seperti desa Mekarjaya (3A) dan Mekartijaya (3B).

“Yang menjadi anehnya status desa kami ini adalah kelurahan saat dirinya mendapat undangan dari Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai, padahal desa kami ini sama dengan 3A dan 3B statusnya masih desa persiapan,” ungkapnya.

Entah kenapa, lanjutnya, Desa Pancurmas tidak mendapatkan dana desa, alasana dari pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM Pemdes) monografi desa dan kode desa tidak ada.

“Bangub kemaren desa kami dapat bantuan kenapa giliran dana desa tidak dapat sedangkan desa persiapan lain seperti 3A dan 3B dapat bantuan dana desa, kalau memang desa kami desa persiapan meskinya desa 3A dan 3B tidak dapat,” ujarnya.

Dikatakan Kholiadi, beberapa kalangan masyarakat berkeinginan lebih baik gabung dengan Kabupaten Lahat apabila memang Desa Pancurmas tidak ada bantuan maupun diurusi oleh Pemerintah Kabupaten Empat Lawang.

“Kalau memang bantuan dana desa dak dapet, kato masyarakat lemak balek ke Lahat lagi be, kades beringin janggut lah menerima kehadiran kami ni,” cetus Kades.

Memang, kata Kades, Desa Pancurmas berbatas dengan Desa Beringin Janggut Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat dan jarak dengan desa tetangga yang berbatas tidak begitu jauh. “Selama ini memang ada pikiran maupun selentingan dari masyarakat ingin demo karena tidak ada bantuan dari Pemkab namun kami tahan karena kami tidak ingin ribut,” tuturnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here