Home HL Dekopin Harus Mampu Membawa Koperasi Lebih Maju

Dekopin Harus Mampu Membawa Koperasi Lebih Maju

71
0

[quote]laporan : abiyasa[/quote]

PALEMBANG, jodanews.com – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Ishak Mekki meminta Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sumsel agar segera menyusun program-program yang terarah dan teratur di wilayah Sumsel agar lebih maju, dan berkembang dibawah kepemimpinan Ketua Dekopinwil Sumsel DR Budiarto Marsul, SE MSi guna kesejahteraan masyarakat Sumsel.

Koperasi sebagai salah satu alat perekonomian rakyat yang mampu menjangkau hingga pelosok desa, diharapkan dapat menjadi tempat masyarakat desa menjalankan roda perekonomian yang dapat bekerja sama dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga usaha rumahan milik masyarakat desa.

Hal ini disampaikan Ishak saat menghadiri pelantikan Ketua Dekopinwil Sumsel, DR. Budiarto Marsul, SE MSi di Griya Agung Palembang, Kamis (4/2). Pelantikan Kepengurusan Dekopinwil Sumsel dilakukan oleh Ketua Umum Dekopin Pusat, H Nurdin Halid.

Dalam sambutannya, Ishak megungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumsel akan terus melakukan perencanaan dan evaluasi kepada koperasi dan setiap tahun akan dilakukan penilaian kinerja koperasi, bagi koperasi yang dianggap memiliki prestasi akan diberikan penghargaan.

“Pemprov bersama-sama kabupaten/kota akan terus melakukan perencanaan sampai evaluasi dalam pembinaan kepada koperasi, bahkan setiap tahun kita melakukan penilaian terhadap kinerja koperasi. Yakni, melalui penilaian koperasi berprestasi dan memberikan penghargaan kepada koperasi yang berpretasi,” kata dia.

Ditambahkan Ishak, saat ini pertumbuhan koperasi aktif di Sumsel tahun 2015 dibandingkan tahun sebelumnya meningkat sekitar 2,6 persen atau dari 4.336 unit bertambah menjadi 4.450 unit. Dengan jumlah anggota 600 ribu orang dan koperasi mampu membukukan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp 500 miliar.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin Pusat, H Nurdin Halid menginstruksikan, pengurus Dekopinwil Sumsel yang baru untuk melakukan program pembuatan data base mengenai data koperasi agar lebih mudah di pantau, dan melihat perkembangan koperasi. Selanjutnya, dia juga menginstruksikan untuk mendirikan rumah koperasi sebagai pusat bisnis koperasi.

“Nah khusus untuk di Sumsel ini adalah salah satu provinsi koperasi di Indonesia, buktinya Gubernur Sumsel kemarin mendapatkan penghargaan. Oleh karena itu, Dekopinwil Sumsel ini harus terus melakukan kemitraan dengan pemerintah dalam membangun ekonomi di daerah ini yang berbasiskan kepada koperasi,” terangnya.

Terpisah, Ketua Dekopinwil Sumsel periode 2015-2020,  DR. Budiarto Marsul S.E., M.Si mengatakan, dirinya akan menanamkan azas dan pilar koperasi sebagai ekonomi yang berkerakyatan.

“Sudah saatnya negara ini menjadikan koperasi sebagai pilar perekonomian Indonesia dalam peningkatan kesejahteraan dengan azas ekonomi yang berkekeluargaan dan gotong royong,” pungkasnya.(Editor : Asep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here