Cegah Wabah Covid 19, Tim Gugus Tugas Kecamatan Lais Kembali Lakukan Operasi Yustisi

Laporan Cin

MUBA,jodanews.com – Tim gugus tugas Covid 19 kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali gencar Melakukan operasi yustisi. Kali ini di gelar di jalan Gardu Harapan desa Tanjung Barat kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin. Sabtu (24/10/2020).

Operasi yustisi dipimpin langsung oleh Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan seiring meningkatnya kasus Corona di Bumi Serasan Sekate maka sosialisasi Perbup Nomor 67 tersebut digencarkan hingga ke pelosok-pelosok desa yang ada di Kecamatan Lais. Dan Operasi yustisi ini menindak pelanggar perbup kepada masyarakat yang tidak mentaati Protokol kesehatan

“Tidak ada istilah libur maka kami dari Kecamatan Lais bersama Kapolsek, Babinsa, Kepala Puskesmas, karang taruna Kecamatan Lais, Kepala Desa,hingga BPBD Muba terus mensosialisasikan Perbup Nomor 67 tahun 2020 tersebut,” kata Demoon.

Dalam kegiatan tersebut Camat Lais menghimbau Kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan,sekaligus membagikan masker.

“ Razia yustisi ini terus kita Lakukan, Sebelumnya kegiatan Operasi yustisi ini kita gelar di tempat tempat keramaian, Simpang tiga tugu Patin Desa Petaling , didesa Lais, hari ini di jalan Gardu Harapan hal ini kita lakukan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan dan menyadari penting nya kesehatan, Untuk mencegah dan memutus penyebaran wabah virus covid 19.,” ujar Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza.

Dijelaskannya, razia yustisi ini disamping mensosialisasikan peraturan Bupati (Perda) no 67 tahun 2020, menindak pelanggar Perda no 67 , agar masyarakat selalu mentaati Protokol kesehatan.

“Masyarakat kita berikan pengertian pentingnya menjaga kesehatan, untuk itu agar selalu mencuci tangan, Memakai masker, dan menjaga jarak,” jelasnya.

Razia tadi masih ada masyrakat yang tidak memakai masker., kita kasih masker bahkan lansung kita pakaikan dan dikenakan sangsi sosial dengan dikalungkan merk Pelanggar Perbup 67. Sasaran operasi yustisi tersebut masyrakat yang melintas di KUD Tried Jaya -Gardu Harapan desa Tanjung Agung Barat kec Lais.

“Razia yustisi ini akan berlanjut dilaksanakan, dan jika masih ada masyrakat tidak menerapkan protokol kesehatan, kita kenakan sangsi sosial hingga denda uang Rp 20.000 ,” ujarnya.

Senada yang disampaikan kepala Puskesmas Gardu Harapan Alexander SKM, Operasi yustisi yang Kami Gelar diwilayah kerja Puskesmas Gardu Harapan kecamatan lais kab Muba, alhamdulillah berjalan dengan baik dan aman terkendali diwilayah kerja Puskesmas gardu harapan kec lais Muba serta masyarkat suda cukup pro aktip menggunakan masker baik dirumah maupun pada saat aktipitas diluar rumah, mudah-mudahan copid 19 dikabupaten Muba menjadi zona hijau dari himbauan kami kepada masyarakat tetap memperhatikan 3 W yaitu wajib menggunakan masker Wajib cuci tangan pakai sabun dg air mengalir Wajib menjaga jarak,jelasnya.

Semantara ketua karang taruna kecamatan Lais Ahmad Fauzi SSi mengatakan bahwa dengan dilakukannya sosialisasi Perbup Nomor 67 Tahun 2020 itu. Insyah Allah tingkat kesadaran masyrakat dalam mematuhi protokol kesehatan semakin tinggi , dengan begitu mudah-mudahan kabupaten Muba masuk zona hijau.imbuhnya

Fauzi juga menghimbau masyarakat agar selalu mematuhi Perbup Nomor 67, selain itu ia juga mengajak masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih.

“Kalau keduanya diterapkan maka Insya Allah kita terhindar dari Pandemi Covid 19,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan itu Sekcam Lais Marsofi SKM MM, kepala UPT Puskesmas Gardu Harapan Alexandar SKM , Polsek Lais, Babinsa Serda Jerry , kepala desa TAS Indra Kasuma SE, Kepala Desa TAU Kopli Lubis, kepala Desa TAB Ahyar, Kepala Desa TAT Juanda dan diikuti BPBD kab Muba, Karang taruna kecamat Lais, serta perangkat desa .

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *