Cegah Stunting, Pimdes Teluk, Epil dan Danau Cala Kecamatan Lais Gelar Pelatihan

Laporan Cin

MUBA,jodanews.com – Pemerintah Desa Teluk, Desa Epil, dan Desa Danau Cala kecamatan Lais menggelar kegiatan pelatihan pengembangan sumber daya manusia (PSDM) Dan peningkatan kapasitas kader posyandu dalam pencegahan stunting .

Kegiatan pelatihan di pusatkan di Desa Epil Dan di Desa Teluk kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin (Muba) , Senin ( 23/11/2020).

Pelatihan ini digelar selama tiga hari dimulai Tamggal 23-25 November 2020, dengan peserta ,desa Teluk berjumlah 25 orang yang terdiri dar : i Kader pemerdaya masyrakat desa ( KPMD) I sebanyak 4 orang. Kader Posyandu 8 orang lain Bidan desa 2 orang, Guru Paud 5 orang, Perwakilan orang tua balita 2 orang. Desa Epil berjumlah 25 orang, dan Desa Danau Cala juga sama Pesertanya sebanyak 25 orang

Adapun narasumber kegiatan ini , yakni dari Dinas PMD , Bidang PKK, Kecamatan, Dan dinas Kesehatan kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Dalam kesempatan itu Kepala desa Teluk Nuraidah mengatakan kegiatan pelatihan pencegahan Stanting yang kami lakukan ini sangat penting sekali. karena dengan adanya kegiatan ini para kader / Peserta dapat meningkatkan ilmu pengetahun di bidang kesehatan dalam mencegah stunting, kata Nuraidah

Dirinya, berharap kepada para kader yangg mengikuti Kegiatan pelatihan ini ,untuk memanfaatkannya dengan baik agar hasil pelatihan ini dapat diterapkan dan di sosialisasikan kepada masyarakat, agar para orang tua lebih faham sedini mungkin untuk mencegah stunting,
Jadi ke depan masyarakat desa Teluk kemungkinan tidak ada istilahnya anak-anak yang kekurangan gizi. Ujarnya.

Senada yang disampaikan kades Epil Armedi, Dirinya berharap kepada peserta /kader yang mengikuti pelatihan ini Dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan dapat menyampaikan dengan masyrakat serta diterapkan , agar masyarakat dapat memahami dalam mengantisipasi stanting pada ibu hamil hususnya di desa Epil dan umumnya di dalam wilayah kecamatan Lais

Semantara itu, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini. Karena pelatihan ini sangat penting, Selain untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam mencegah stunting di wilayah kecamatan Lais.juga dapat meningkatkan kesehatan anak anak, ungkap Demoon Hardian Eka Suza di Hadapan awak media.

Demoon menambahkan, Kegiatan ini akan terus dilakukan ke desa desa yang ada di dalam wilayah kecamatan Lais. Agar tingkat kewaspadaan dan perhatian masyarakat terhadap balitanya lebih serius lagi.

“Program ini akan terus kita sosialisakan dan kampanyekan ke semua lapisan masyarakat hususnya di dalam wilayah kecamatan Lais, agar pola asuh masyarakat terhadap balitanya lebih baik lagi.” Tutupnya (Editor Jon Heri)

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *