Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad Resmi Buka MTQ ke XIII Tingkat Kabupaten

Laporan Martiaz Doni

EMPAT LAWANG. Jodanews.com- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XIII tahun 2020 tingkat Kabupaten Empat Lawang digelar di lapangan Kantor Camat Sikap Dalam sebagai tuan rumah, Rabu (4/3).

Sebelum pembukaan, semua khafilah mengikuti pawai taaruf yang disaksikan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, Sekda Edison Jaya, Ketua DPRD Persi, Kapolres AKBP Eko Yudi Karyanto, Kakankemenag H Muhammad Makki, Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi, Kajari Ronaldwin, kepala OPD dan pejabat lainnya.

“Kegiatan ini sangat penting dan sakral, MTQ kali ini harus lebih baik dan bisa melahirkan qori qoriah yang nanti bisa bertanding di tingkat regional bahkan nasional,” kata Bupati.

Putra-putri asli Empat Lawang sudah ada yang juara MTQ tingkat internasional dan sekarang harus diwujudkan kembali. Untuk kapilah yang bertabding jangan ambil peserta dari luar, ambil dari daerah masing-masing.

“Yang dipilih nanti akan bertanding di tingkat provinsi di Kota Prabumulih. Juga akan diberikan beasiswa sampai perguruan tinggi. Kami sudah MoU dengan Unsri, UGM dan UIN Palembang. Kalau bisa kita kirimkan ke Universitas Al Azhar, Kairo,” katanya.

Kabag Kesra Setda Empat Lawang, Khaironi selaku Ketua Pelaksana mengatakan, pelaksanaan MTQ digelar selama 3 hari mulai dari 4 – 6 Maret.

Tema yang dusung yakni tingkatkan gemar membaca alquran merajut kebaikan, kedamaian dan kebersamaan dalam mewujudkan Empat Lawang Madani (makmur, aman, damai, agamis, nasionalis, indah).

“Tujuan MTQ ini untuk membentuk qori dan qoriah yang handal dan berkompetensi di bidang seni baca Al-Quran tingkat regional dan nasional,” katanya.

Ia menarangkan, para peserta ajang ini dari 10 kecamatan dengan jumlah 300 orang ditambah 10 ofisial, 10 pelatih dan 10 pendamping. Dewan hakim terdiri dari 2 orang LPTQ Lahat, 1 orang LPTQ Pagaralam dan 21 LPTQ Empat Lawang.

“Ada 6 cabang yang dilombakan, Tartil Al-Quran, Tilawah, Hifzhil, Fahmil, Syarhil, Khathil,” terangnya

Dirinya menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dalam mendukung perkembangan agama Islam di Empat Lawang.

“Para juara lomba ini selain mendapatkan trofi dan uang pembinaan juga berkesempatan mewakili Empat Lawang di MTQ tingkat Provinsi Sumsel yang akan berlangsung di Kota Prabumulih April nanti,” (editor Jon Heri)

   



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *