Home HL Bulog Lahat Siap Beli 10 Persen Hasil Panen Petani Lahat

Bulog Lahat Siap Beli 10 Persen Hasil Panen Petani Lahat

69
0

Laporan : Idham

LAHAT, Jodanews – Perum Bulog Sub Divre Kabupaten Lahat siap membeli setidaknya 10 persen dari hasil panen petani di Kabupaten Lahat, hal  ini dimaksudkan untuk mencegah terjadi penurunn harga  pada panen puncak April 2016 ini,  sekaligus untuk mengisi  cadangan Bulog setempat.

Kepala Perum Bulog Lahat, Drs. Muhammad Ludi, melalui Kasi Pelayanan Publik. Gusti Preasmana, SE mengatakan jika  harga beras dibawah ketentuan yakni Rp 7.300 per kg, maka bulog siap membeli 10 persen dari total hasil panen yang ada di Lahat.

” Kita akan memastikan kalau beras yang kita beli nantinya memenuhi kualifikasi sesuai ketentuan yang ada, kita siap beli 10 persen dari total hasil panen padi di Lahat. Namun tetap kita harus sesuaikan dengan ketentuan yakni Rp 7.300 sampai ke gudang bulog,” ungkap Gusdi saat diruang kerjanya.

Ditambahkannya, jika harga di atas ketentuan  petani akan lebih memilih untuk menjual ke pasaran, kami hanya antisipasi jika harga beras petani murah di pasaran sehingga tidak merugi hingga jumlah hasil panen padi di Lahat sebnayak 2 ribu ton.

” Jika diserap 10 persen setidaknya akan terserap 200 ton. Untuk saat ini harga beras di penggilingan Rp 7.500 per kilo. Intinya bulog melakukan stabilisasi harga sehingga petani tidak merugi pasca panen. Makanya kita siap beli beras petani. Namun jika harga di pasaran lebih besar dari harga ketentuan bulog maka petani akan menjual ke pasaran,” ujar Gusti. (Editor : Asep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here