Home HL Banjir Tiga Meter Rendam Ratusan Rumah di Musi Rawas

Banjir Tiga Meter Rendam Ratusan Rumah di Musi Rawas

69
0

[quote]Satu Warga Dilaporkan Tewas [/quote]

Laporan : iman

 

MUSIRAWAS, jodanews – Hujan deras yang melanda Kabupaten Musirawas beberapa hari belakangan ini, membuat debit Sungai Muara Kelingi meningkat. Akibatnya ratusan rumah yang berada disekitar bantaran sungai terendam. Ketinggian air diprediksi mencapai tiga meter lebih.

Warga yang rumahnya terendam banjir pilih mengungsi ke rumah sanak saudara dan tetangga yang lebih aman. Sementara warga yang memiliki rumah dua lantai memilih bertahan, sambil menunggu debit air kembali menurun. Sementara, untuk beraktivitas, warga menggunakan perahu dan ban bekas.

Pantauan wartawan Jembatan Informasi (JI), debit air terus mengalami peningkatan. Jika hujan dibagian hulu tak kunjung reda, diprediki banjir di Kecamatan Muara Kelingi dan Muara Lakitan tak kunjung reda.

” Daerah ini memang merupakan langganan banjir. Tapi kali ini, banjir yang melanda desa kami lebih hebat dari tahun – tahun sebelumnya. Memang sebagian warga yang memiliki rumah dua lantai masih tetap bertahan, tapi kebanyakan warga seperti kami, lebih memilih mengungsi ke rumah kerabat atau tetangga yang lebih aman dari banjir, ‘’ kata Saodah.

Warga mengaku saat ini masih menunggu bantuan dari pemerintah untuk penanganan banjir. Termasuk, bantuan bibit padi dan ternak. ‘’ Sawah kami sudah pasti rusak pak, belum lagi hewan ternak banyak yang mati, lantaran terendam banjir, ‘’ jelasnya.

Sementara Lurah Kelingi Sutirman mengungkapkan, berdasarkan pendataan laporan RT jumlah rumah warga yang terendam banjir ada ratusan. “Laporan RT rumah yang terendam ada 313 rumah, yang terdiri dari RT 1, RT 2 , RT 3 dan RT 5, namun yang paling parah bahkan mencapai tiga meter lebih berada di RT 5 karena hampir menyentuh atap rumah warga,” ujarnya.

Kapolres Musirawas AKBP Herwansyah Saidi melalui Kapolsek Muara Kelingi mengatakan, semenjak meluapnya sungai kelingi sejak kemarin sore telah menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.

“Untuk sementara dampak yang ditimbulkan oleh luapan sungai Kelingi, saat ini ratusan rumah warga yang terendam banjir,” ujarnya saat dibincangi usai meninjau lokasi banjir.

Lanjut ia, karena deras Sungai Kelingi saat ini sudah ada warga yang meninggal tapi bukan karena faktor masalah banjir, karena meninggalnya terbawa arus saat menyeberangi Sungai Kelingi.

“Ada satu orang atas Marzuki (63) meninggal dunia. Dia diketahui warga Marga Mulya Lubuklinggau yang terbawa arus di Sungai Kelingi ditemukan pukul 10.00,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga memastikan keamanan warga yang terkena banjir. Bahkan pihaknya sudah memantau dan berupaya agar tim medis selalu siaga mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

“Kita sudah pantau dan sudah koordinasi dengan lurah maupun camat, agar selalu memantau keadaan warganya,” ungkapnya.

Terpisah Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Musi Rawas Despriyansyah mengungkapkan saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan beberapa wilayah-akibat meluapnya Sungai Kelingi.

Dijelaskannya, untuk Muara Lakitan masih normal, karena masih 50 meter dari dari bahu jalan. Sedangkan di Semanggus sudah 60 sampai 70 kepala keluarga. Kalau di Kelurahan Kelingi kurang lebih 313 KK terendam banjir. (editor:asep )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here