Home EKONOMI Asian Games 2018 Berikan Dampak Ekonomi Multi Ganda

Asian Games 2018 Berikan Dampak Ekonomi Multi Ganda

67
0

Laporan : Abiyasa/Humas Pemprov

PALEMBANG,Jodanews– Penyelenggaraan event berskala Internasional seperti Asian Games tentunya akan memiliki keterkaitan lintas sektor dan mampu membangkitkan Dampak Ekonomi Multi Ganda (multiplier effect) yang sangat signifikan.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin Dampak Ekonomi Multi Ganda tersebut diantaranya Dampak langsung. Seperti infrastruktur baru, hotel, guide, restoran, airline, rentcar, gallery, art shop, serta yang lainnya. Dampak tak langsung diantaranya pekerja proyek, supplier, karyawan hotel, karyawan restoran, Supir angkutan umum, pemerintah (pajak), pengrajin cinderamata, umkm, seniman, iklan, percetakan. Serta Dampak ikutan yang akan mengikuti diantaranya pelaku material bangunan, petani sayuran, bunga dan buah,peternak ayam, ikan dan sapi,penghasil bahan baku, kerajinan, sektor industri & perdagangan, sektor agribisnis, dan pariwisata.

” Melalui Asian Games diharapkan akan mampu menjadi katalis pembangunan dan sebagai pengungkit perekonomian, Bukan asal ngomong saja karna ada bukti secara ilmiah,” Ungkap Gubernur H Alex Noerdin saat menghadiri Seminar Nasional dengan tema “Dampak Penyelenggaraan Asian Games Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumsel” diselenggarakan Universitas Tridinanti Palembang, di Novotel Palembang Hotel & Residence Jl. R. Soekamto, Sabtu (20/02)

Alex menambahkan, Tujuan utama Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yakni meliputi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Untuk Jangka pendek adalah mendukung dan mensukseskan agenda Pemerintah Republik Indonesia, Mempercepat/pengungkit pembangunan infrastruktur yang berkualitas (berstandar internasional),Mempercepat peningkatan kemampuan dan kualitas SDM Sumatera Selatan (katalisator pembangunan), Meningkatkan kemampuan kelembagaan yang ada menuju kinerja berstandar internasional, Meningkatkan income masyarakat terkait penyediaan produk barang dan jasa selama event berlangsung, serta Meningkatkan penyerapan tenaga kerja terkait pelayanan secara langsung dan tidak langsung selama event berlangsung.

Sedangkan untuk jangka panjang adalah Meningkatkan kepercayaan dunia internasional terhadap sumsel (profesional, memiliki kapasitas & kapabilitas) sehingga akan mendorong tumbuhnya investasi di Provinsi Sumatera Selatan, serta Meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

” Sumsel telah terbukti sukses dan berpengalaman sebagai tuan rumah berbagai event internasional, Diharapkan masyarakat khususnya para pemuda dapat berperan aktif sebagai pelaku semua aktifitas Asian Games 2018, bukan hanya sebagai penonton agar dapat memperoleh manfaat seoptimal mungkin,” Kata Alex.

Dikesempatan yang sama wakil ketua umum KOI Muddai Madang mengatakan, Dibidang Infrastruktur merupakan manfaat terbesar pelaksanaan Asian Games, Seperti LRT yang seluruh biaya pembangunannya di tanggung oleh pemerintah Pusat melalui APBN.

Menurut Muddai Madang, Banyak sekali manfaat Asian games, salah satunya menarik dana sangat besar ke Provinsi Sumsel untuk biaya penyediaan fasilitas pendukung Asian Games yang mencapai tiga kali lidap dari APBD Sumsel, serta dampak lain yakni merubah prilaku masyarakat Sumsel dari yang negatif menjadi prilaku positif.

” Kita masyarakat Sumsel lanyak berbangga dan berterima kasih karna memiliki Gubernur yakni H Alex Noerdin yang memiliki visi dan misi yang luas dan jauh kedepan” Pungkasnya.(Editor Jonheri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here