Home HL Aneh, NIK e-KTP Terhapus dari Server Kemendagri

Aneh, NIK e-KTP Terhapus dari Server Kemendagri

67
0

[quote]Laporan : abiyasa[/quote]

 

PALEMBANG, jodanews – Nomor Induk Keluarga (NIK) pada KTP elektronik membuat heboh. Ini setelah Dedek, warga yang pernah tinggal di Kecamatan Ilir Barat I dan memiliki KTP-e di Kecamatan tersebut, akan pindah alamat ke Jalan Makrayu, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II. Saat proses pengecekan di server, ternyata data Dedek hilang.

“Aku sekarang sedang kuliah dan bekerja. Dulu aku pernah tinggal di Kecamatan Ilir Barat I dan membuat KTP-e beralamat di sana. Namun, KTP-e ku hilang dan foto copian KTP-e tersebut itu masih ada. Dan sekarang ini aku tinggal di Kecamatan Ilir Barat II dan ingin membuat KTP-e yang baru, tapi kata petugas pemotretan KTP-e Nomor Induk Kependudukan yang tertera di KTP-e yang hilang tersebut itu tidak ada di server Jakarta, pada waktu di cek oleh petugas pemotretan KTP-e di Kecamatan Ilir Barat II ini,”katanya.

Petugas pemotretan pembuatan e-KTP Tian, menganggap ini merupakan hal biasa. Penyebabnya, karena terlalu banyak pembuatan e-KTP di Indonesia.

Menurutnya, bisa saja, Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga ini terhapus dari Server. “Maklum bae, kalau terjadi terhapus NIK warga ini. Karena yang membuat e-KTP ini bukan kita saja, tapi seluruh penduduk Indonesia yang berusai 17 tahun ke atas itu. Jadi kalau hilang, bukan berarti terhapus, ”ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk kejelasalan dari hilangnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga ini, harus menggunakan NIK yang lama dan untuk menggurusnya itu harus ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kota Palembang.

“Masih bisa diurus soal hilangnya NIK Dedek ini. Tapi untuk menggurus itu kita harus Ke kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang. Namun kita harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang lama. Untuk NIK di server Jakarta itu sudah kita lakukan berkali-kali data saudara Dedek ini sudah tidak ada lagi. Biasanya, kalau seseorang yang sudah membuat Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) itu akan tertera di server pusat. Karena setiap orang itu akan ketahuan kalau dirinya membuat KTP ganda karena ada NIK-nya. Untuk itu, di mohon untuk bersabar kepada Dedek, mengenai KTP-e itu tetap akan kita urus secepatnya,”ujarnya. *abiyasa

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here