Home HL Akhir Januari Pemasang Tiang Pacang Musi IV

Akhir Januari Pemasang Tiang Pacang Musi IV

69
0

laporan : abiyasa
PALEMBANG,jodanews – Proyek pembangunan jalan dan Jembatan Musi IV dipastikan akan berjalan akhir bulan ini. Rencananya proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya akan melakukan pemasangan tiang pancang pada akhir Januari. “ Targetnya akan dipasang tiang pancang pada akhir Januari atau awal Februari, saat ini tinggal menunggu mobilisasi peralatan dan persiapan lainnya,” kata Azwar.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolitan Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional (BBJN) III Azwar Edie di Palembang mengatakan, pekerjaan ini dapat dimulai pada akhir Januari karena diperkirakan peralatan utama berserta personel juga sudah tiba di Palembang.
“Nanti akan dilihat lagi, mana yang lebih siap untuk dipasang tiang pancangnya, apakah kawasan Seberang Ilir, atau Seberang Ulu. Bisa semua,” kata dia.
Ia menerangkan sementara ini untuk pekerjaan fisik telah sesuai dengan perencanaan awal mengigat pemerintah telah merampungkan pembebasan lahan seluas 1,7 hektare pada Desember lalu.
Pembebasan lahan itu menggunakan dana APBN sekitar Rp30 miliar.
Menurut Azwar, sebelum ground breaking dimulai, lokasi sudah harus steril. Setelah tanda tangan kontrak, tahap selanjutnya akan mobilisasi. Termasuk mobilisasi personil, alat, dan menyiapkan area kerja terus dilakukan.
“Pemancangan tiang pertama pun akan melihat dulu lokasi mana yang siap terlebih dulu. Baru kemudian akan memulai pengerjaan dengan melakukan pemasangan patok,” katanya
Saat ini, sudah ada beberapa warga yang pindah, tetapi secara keseluruhan pihaknya sudah memintaPemko Palembang untuk dapat mengingatkan warga untuk mencari tempat tinggal baru.
Ia menjelaskan, ketika pembangunan fisik dimulai maka seluruh warga yang mendiami kawasan tersebut harus meninggalkan lokasi.
Untuk itu, Besar Jalan dan Jembatan Nasional menyurati Wali Kota Palembang dapat mengarahkan seluruh warga penerima ganti rugi untuk segera meninggalkan lokasi.
“Sudah ada yang pindah, tapi baru beberapa,” kata dia.
Jembatan Musi IV direncanakan akan dibangun untuk sisi hulu di Kelurahan 14 Ulu, Sungai Kangkang, dan sisi hilir di kawasan Pasar Kuto dengan panjang 635 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 16,88 meter yang dihitung dari permukaan air sungai dengan titik terbawah jembatan.
Jembatan Musi IV akan berbentuk extradosed dan dinyakini memiliki kontruksi badan jembatan yang lebih kuat dengan mengeluarkan dana sebesar Rp518 miliar. (editor:asep yusriansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here