Home HL Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa...

Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa Baru UBD Palembang

73
0

Laporan Abiyasa / Pendam II/Swj 

PALEMBANG, Jodanews –  Irdam II/Sriwijaya, Kolonel Inf Suko Basuki., Senin (11/9/2017), memberikan kuliah umum kepada 1.200 Mahasiswa Baru Universitas Bina Dharma (UBD) Palembang TA. 2017, bertempat di Gedung OPI Jakabaring, Palembang.

Acara yang digelar oleh UBD Palembang bekerja sama dengan Kodam II/Swj ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan pemahaman terhadap Wawasan Kebangsaan bagi mahasiswa terutama yang baru masuk dan akan mengikuti pendidikan di UBD Palembang.

Penyampaian Kuliah Umum oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki kali ini tentang materi tentang “Kewiraan”. Penyampaian materi ceramah ini merupakan salah satu upaya Kodam II/Sriwijaya dalam reinterpretasi dan tranformasi pemahaman mahasiswa terhadap pendidikan kewarganegaraan/kewiraan.

Dihadapan ribuan mahasiswa baru UBD Palembang, Kolonel Inf Suko Basuki menyampaikan bahwa, Pendidikan Kewiraan/kewarganegaraan adalah suatu pola pendidikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan para mahasiswa melalui kegiatan bimbingan, pengajaran/atau latihan bagi perannya dimasa yang akan datang.

Disampaikan juga bahwa, pendidikan Kewiraan/kewarganegaraan dirancang dengan maksud  upaya untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warganegara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara sebagai bekal agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

Selain meningkatkan wawasan berfikir mahasiswa sebagai warganegara Indonesia, pendidikan kewiraan juga dimaksudkan sebagai usaha menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara demi terwujudnya aspirasi perjuangan nasional dengan tujuan untuk memupuk kesadaran Bela Negara.

“Pada saatnya dapat menghayati hakikat konsepsi Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional, patriotik dan cinta tanah air dalam melaksanakan profesinya”, tuturnya.

“Diharapkan melalui Pendidikan Kewiraan/kewarganegaraan mahasiswa akan menjadi manusia Indonesia seutuhnya, sehingga setelah menguasai ilmu pengetahuan teknologi  dan seni tidak kehilangan jatidirinya”, tandas Kolonel Suko Basuki.

Melalui pendidikan kewiraan/kewarganegaraan, diharapkan juga mampu memahami, menganalisis dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita  dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945.

Tampak hadir dalam acara kuliah umum ini, Rektor UBD Prof. Ir. H. Bachri Rachman, M. Sc., beserta wakil, Dekan dan para Dosen Universitas Bina Darma Palembang dan Ketua beserta anggota Senat UBD Palembang (Editor Jon Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here