274 CJH Muara Enim Ikuti Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Laporan : Marshal

MUARA ENIM, Jodanews  – Sebanyak 274 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Muara Enim mengikuti kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten. Kegiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim melalui Seksi Penyelengara Haji dan Umroh (PHU) ini digelar di Masjid Babussalam, Islamic Center, Muara Enim,  Kamis (6/7).

Kegiatan manasik haji ini secara resmi dibuka Bupati Muaraenim diwakili oleh Wakil Bupati Muara Enim H. Nurul Aman, SH. Turut Hadir dalam acara pembukaan, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Prov. Sumsel, H. Janaluddin, Kakankemenag Kabupaten Muara Enim, H. Muhammad Abdu, S.Pd.I yang diwakili oleh Kasubbag TU Kankemenag Muara Enim Drs. H. Azhari Rahardi, M.Si, Perwakilan Polres Muara Enim, Perwakilan Dinas Kesehatan, Para Kasi & Penyelenggara, dan tamu undangannya lainnya.

Kasi PHU Kemenag Muara Enim H. Solihan, S.Ag., M.Pd.I, dalam laporannya mengatakan, pada tahun 2017 ada sebanyak 240 orang jamaah regular, 20 orang jamaah lansia, 2 orang jamaah status haji, 8 orang cadangan, dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 4 orang. “Sehingga totalnya ada sebanyak 274 orang dengan rincian jamaah pria 120 orang dan wanita 154 orang,” jelasnya.

Pada manasik ini, lanjut Solihan, akan diberikan materi yang secara komprehensif kepada jamaah tentang ibadah haji dan proses agar perjalanan ibadah haji tersebut lancar. “Sehingga nantinya para calon jamaah haji dapat melaksanakan haji dengan baik dan mendapatkan haji yang mabrur,” ungkap Solihan.

Sementara itu, Wakil Bupati Muara Enim dalam sambutannya mengajak para calon jamaah haji kabupaten muara enim untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. “Alhamdulillah tahun ini, bapak-ibu sekalian akan berangkat haji. Ini patut disyukuri karena jauh sebelum itu bapak-ibu sudah tergerak hatinya mendaftarkan diri untuk pergi haji. Daftar tunggu saat ini sudah mencapai tahun 2033. Kita semua harus bersyukur,” ungkapnya.

“Ikutilah kegiatan manasik ini dengan baik, agar bapak-ibu dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan khusyu’ sehingga mendapatkan haji yang mabrur, Aamiin,” harap Wabup.

Kabid PHU Kanwil menambahkan, CJH Kabupaten Muara Enim diterima di embarkasi Palembang dan masuk asrama pada 5 Agustus 2017 pukul 17.00 WIB. CJH Kabupaten Muara Enim tergabung dalam gelumbang pertama, kloter ke 3. “Tempat penginapan Maktab di Mispala, Mekkah. Jarak dari masjidil haram lebih kurang 1,5 km,” ujar Janaluddin (Editor Jon Heri)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *